VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Pada BIOS

Serieswans.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial atau cara untuk mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Or Insert Media In Selected Boot Device yang terjadi ketika booting Windows. Memang menurut saya kesalahan seperti ini tidak terjadi masalah atau menyebabkan kerusakan yang fatal, hanya saja pada saat loading setelah BIOS, akan muncul Reboot and pres any key yang sudah saya jelaskan barusan.
Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Pada BIOS Komputer
Memperbaiki Reboot And Select Proper Boot Device Pada Prioritas BIOS Komputer

Setelah itu baru loading windows, menurut saya itu saja pengalaman yang pernah alami. permasalahan ini biasanya ketika kita memindahkan Boot Device pada bios. biasanya kejadian ketika kita sudah menginstal ulang windows. tapi tenang di bawah ini ada caranya untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Emulator Memu, Nox dan Koplayer stuck 99% saat di jalankan 

Bagaimana cara mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device :


Permasalah pada Bios HDD Disabled

Bios HDD atau bisa kita bilang Hard Disk ini sering klai terjadi masalah karena proses instalasi ulang pada windows, baik itu melalui Flashdisk, DVD maupun Cloning image. Dalam merubah prioritas Disk Boot pada Bios ini sangat mempengaruhi hal tersebut karena dapat membuat Hard Disk tidak terbaca atau tidak mau Booting.

Apa penyebabnya :
  • Ketika Hard Disk ini di prioritaskan menjadi ke 2 sehingga kita lupa untuk merubah setting bios nya kembali.
  • Settingan pada Bios kerap kali membuat hal-hal yang bikin kepala anda pusing karena terus memikirkan masalah tersebut yang tak kunjung selesai. dan pemasalahan ini sering saya alami ketika menginstal ulang windows 7. pasti sesudah instal ulang akan muncul masalah seperti di atas. itu karena saya lupa merubah prioritas pada Biosnya.
  • Pindahkan Prioritas Booting Hard Disk menjadi pertama

Pemasalahan pada Kabel SATA

Untuk permasalah kedua yaitu masalah pada Kabel Sata, dan masalah yang sata ini teretak pada Hardwarenya. Permasalahan ini biasa terjadi pada Personal Computer atau PC. mungkin kabelnya yang sudah rusak atau kepala nya sudah rusak juga, wkwkwk. mungkin kita jarang sekali merawat kebersihan Komputernya. biasanya kerusakan pada port Hard Disk pada Motherboard yang mungkin banyak debu.

Bagaimana cara mengatasi Pemasalahan pada Kabel SATA :

  • Teman-teman cukup lem biru saja komputer anda dan beli yang baru, wkwkw
  • Coba anda bersihkan Port Hard Disknya terlebih dahulu
  • Saya sarankan membeli kabel Sata yang punya kualitas bagus dan terjamin

Permasalahan Hard Disk yang Bad Sector

Permasalahan ini cukup lumayan serius menurut saya, karena jika Hard disk sudah kena Bad Sector itu paling rumit untuk menemukan cara mengatasinya selain menggantinya dengan yang baru. tapi luamayan juga harga hard disk. tapi tenang aja karena masih ada banyak jalan untuk mengatasi masalah yang satu ini, ya meskipun tidak sepenuhnya berhasil.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Virtual Box Tidak Bisa di Buka atau Failed To Open Session For The Virtual Machine

Bagaimana cara mengatasi Hard Disk yang Bad Sector :

  • Pertama, matikan terlebih dahulu komputer anda dan diamkan kurang lebih 30 menit tanpa listrik yang mengalir ke komponen.
  • Kedua, lepaskan Kabel SATA 
  • Ketiga, nyalakan komputer anda, akan tetapi bootingnya menggunakan Flashdisk atau DVD
  • Keempat, masuk ke Safe Mode chkdsk di cmd
  • Kelima, pilih repair
Apa penyebab masalahnya :
  • Mungkin karena terlalu banyak software atau aplikasi berat yang terinstal pada komputer anda.
  • Mungkin komputer anda banyak virusnya.
  • Komputer anda terlalu lama menyala dan tidak di matikan.
  • Mungkin anda menginstal software yang abal-abal tanpa memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. karena sekarang banyak program atau aplikasi yang sudah di selipak virus, jadi anda harus berhati-hati ketika menginstal software.
Mungkin itu saja artikel tentang bagaimana Cara Mengatasi Reboot And Select Proper Boot Device Pada Prioritas BIOS. Semoga artikel ini bermanfaat dan sekian terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar