VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru

Serieswans.com - Hallo sahabat blogger, Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips dan cara mendapatkan sitelink blog dari google. sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu sitelink dan bagaimana cara mendapatkannya. banyak sekali para blogger yang menginginkan dan mendapatkan sitelink pada blognya, akan tetapi tidak ada trik khusus yang bisa kita coba agar blog tersebut lebih cepat mendapatkan sitelink di mesin pencari google.

Baca Juga : Cara Merubah Warna Address Bar Blog di Browser Smartphone

Sitelink ini hanya diberikan kepada blog atau website yang memang menurut google sudah memenuhi kriteria, sedangkan dari pihak google sendiri tidak pernah menjelaskan secara rinci syarat dan kriteria agar blog atau website tersebut mendapatkan sitelink. sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mudah mendapatkan sitelink blog dari google, saya akan coba menjelaskan tentang sitelink lebih jauh lagi.

Pengertian Mengenai Apa itu Sitelink ?

Sitelink merupakan sebuah tautan situs seperti sub menu yang muncul di bagian bawah hasil penelurusan blog atau website pada mesin search engine google. sitelink ini adalah bagian dari hasil sebuah kata kunci, baik itu mengarah ke sebuah artikel ataupun halaman tertentu. Nah, oleh karena itu tujuan google memberikan sitelink kepada situs yang memilliki kriteria bagus menurut google adalah membuat navigasi agar memudahkan pengunjung menelusuri situs tersebut di halaman mesin pencari google.

Sitelink atau Tautan situs yang muncul di bawah nama situs tersebut adalah berdasarkan hasil halaman yang paling sering di kunjungi oleh visitor blog anda. seperti halnya blog Serieswans.com yang baru saya bangun dari bulan desember 2018 ini, kira-kira saya mendapatkan sitelink ini butuh waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. meskipun sudah mendapatkan sitelink dari google, akan tetapi masih belum stabil. karena sitelinknya kadang muncul 2 trus 4 dan jarang jarang muncul 6.

Umur blog atau website ini kemungkinan besar tidak menjadi faktor utama untuk mendapatkan sitelink, karena sudah banyak blog yang baru berumur 1 atau baru 2 bulan lebih sudah mendapatkan sitelink dari google.

Dibawah ini adalah contoh gambar sitelink blog Serieswans.com yang sudah mendapatkan sitelink dari google. ya walaupun belum stabil tautan situs yang munculnya, kita harus tetap bersyukur dan terus berusaha lebih baik lagi kedepannya.

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google
Oke langsung saja ke cara mudah mendapatkan sitelink blog atau website dari google menurut pengalaman saya sendiri :

Mendaftarkan, Submit Sitemap.xml dan Submit Url ke Google Webmaster Tool

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
Apabila anda belum mendaftar dan melakukan submit sitemap, silahkan anda daftarkan terlebih dahulu blog atau website anda ke google webmaster tools, setelah itu silahkan submit sitemap.xml dan submit url halaman artikel anda. supaya mesin pencari google lebih cepat memproses pengindexan situs anda dan  muncul di mesin penelusuran google.

Dengan sitemap kita bisa mengetahui berapa banyak artikel yang sudah di index dan deindex oleh google webmaster tools. untuk penjelasan lebih lanjut mengenai cara daftar, submit.xml dan submit url ke google webmaster tools, silahkan kunjugi artikel cara mendaftarkan dan verifikasi blog ke google webmaster tools (search console)

Usahakan Rutin dan Rajin Update Artikel minimal 1 atau 2 Perhari

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
Usahakan anda menjadwal kapan harus update artikel pada blog anda sendiri, agar dapat membantu untuk mendapatkan sitelink google dan bahkan menjaga visitor anda agar tetap stabil. dengan anda rajin update artikel maka peluang anda mendapatkan visitor itu lebih banyak. karena visitor pun pasti menginginkan berita atau hal-hal ter up-to-date dari situs anda.

Baca Juga : Cara Mudah Memasang Efek Persentase Scrollbar Keren di Blogger

Akhir-akhir ini saya juga sering update artikel, ya minimal 1 artikel lah perhari. baru beberapa minggu ini saya sering update artikel, biasanya saya jarang bikin artikel. paling cuma seminggu 4 artikel, itu juga kalo lagi pengen buat aja, hehe. tapi alhamdulillah sekarang udah dapat sitelink dari google, jadi saya tambah semangat lagi bikin artikel yang menarik lagi. intinya anda harus tetap konsisten membuat artikel setiap hari, minimal 1 atau 2 juga cukup, atau lebih juga tidak apa-apa.

Hapus Link Broken 404 Pada Situs anda

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
Menurut saya apabila situs anda banyak sekali link broken atau 404, ini menjadi faktor penghambat anda untuk mendapatkan sitelink dari google, karena situs anda ini sedang kurang sehat atau masih banyak link yang tidak di temukan. sehingga google tidak menyukai blog tersebut dan tidak memberikan bonus sitelinknya.

Nah, silahkan cek di website brokenlinkcheck.com atau deadlinkchecker.com anda hapus link broken tersebut menggunakan fitur Remove Url di google webmaster tools. atau anda juga bisa klik link berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih detail mengenai cara mengatasi dan menghapus link broken dengan google webmaster tools.

Menggunakan Top Level Domain (TLD) yang unik dan menarik

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
Menurut saya ketika situs anda masih menggunakan subdomain blogspot.com itu juga bisa mendapatkan sitelink gratis dari google, akan tetapi tidak secepat dengan situs yang sudah Top  Level Domain (TLD). karena google lebih mengutamakan situs TLD, mungkin terlihat lebih keren dan profesional.

Bila anda hendak mengupgrade situs anda ke TLD, usahakan buat nama domain yang unik dan keren lah, serta berbeda dari yang lain, hehe. dengan nama domain yang unik, visitor pun akan mudah mengingat nama situs kamu, sehingga mereka akan kembali mengunjungi situs anda.

Menggunakan Template yang Terstruktur, SEO Friendly dan Responsive

5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru
Apakah struktur template ini berpengaruh ? Menurut saya ya, karena jika situs kita memakai template yang terstruktur, SEO Friendly dan Responsive maka akan sangat mudah untuk mendapatkan sitelink dari google. dengan struktur template yang baik, maka google pun akan lebih mudah merayapi situs anda dengan cepat.

Buatlah Navigasi serta Menu yang dapat memudahkan pengunjung blog anda, contohnya navigasi pada menu bar, label (Kategori) dan halaman blog lainnya. jadi, silahkan anda cari template yang memiliki struktur yang baik, SEO Friendly dan Responsive. seperti halnya saya memakai template buatan mas sugeng ini, yaitu template VioMagz.

Baca Juga : Cara Mudah Memasang dan Menampilkan Skor Rating Bintang Blog di Hasil Penelusuran Google

Menurut saya template ini sangat bagus, memiliki struktur template yang rapi, SEO Friendly, Responsive dan Fast loading.  anda juga bisa mencari template yang lain di google dan memang cocok dengan anda, biasanya kalo template premium itu berbayar tapi ada juga yang gratis. silahkan anda  cari saja di google. masih banyak yang gratisan bro, hehe.

Kesimpulan

Silahkan anda pahami cara di atas mengenai cara mendapatakan sitelink google, kemudian anda terapkan pada blog anda, dari mulai melakukan submit sitemap.xml (jika belum), konsisten buat artikel minimal 1 atau 2 perhari, hapus link broken pada situs anda, gunakan template yang terstruktur, SEO Friendly dan Reponsive. saran saya agar lebih cepat, gunakan Top level Domain (TLD) silahkan anda buat domain yang unik.

Nah, itulah beberapa 5 Tips dan Cara Mendapatkan Sitelink Blog dari Google Terbaru, anda juga harus terus berusaha dan pantang menyerah agar mendaptkan hasil yang memuasakan. tetap konsisten sesuai tujuan anda dan yakinlah anda pasti bisa. oke saya cukupkan sekian pembahasan kali ini. bila anda memiliki sebuah pertanyaan terkait artikel ini, silahkan lemparkan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini. semoga bermanfaat dan terus berusaha.
Posting Komentar

Posting Komentar