VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Inilah 12 Keutamaan Bulan Ramadhan

Serieswans | Inilah 12 Keutamaan Bulan Ramadhan - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Bulan ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia ini. Bukan hanya bagi umat muslim di Indonesia saja yang selalu menanti kedatangan bulan suci ini melainkan umat muslim di seluruh dunia selalu menanti dan bahagia bila memasuki bulan yang mulia ini.

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan dalam kalender Hijriyah. Kalender Hijriyah yaitu kalender yang dihitung sejak hijrahnya Rasulullah Muhammad SAW. dari Kota Makkah ke kota Madinah.
Inilah 12 Keutamaan Bulan Ramadhan
Inilah 12 Keutamaan Bulan Ramadhan

kalender Hijriyah adalah kalender yang digunakan dalan perhitungan bulan islam. Dimulai dari bulan Muharam dan biakhiri oleh bulan Dzulqoidah. Nah pada bulan Hijriyah inilah nanti akan ditemukan yang namanya bulan Ramadhan atau Syahru Ramadhan.

Bulan Ramadhan ialah bulan yang didalamnya umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah akil dan baligh.

Dalil Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim. Kewajiban menjalankan puasa Ramadhan ini dijelaskan dalam al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185.

Keutamaan akan bulan Ramadhan banyak sekali dibahas oleh para alim ulama. Memang bulan Ramadhan ialah bulan yang begitu mulia, sebab pada bulan tersebut kitab al-Quran, kitab sebagai mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad dan menjadi petunjuk bagi umat manusia diturunkan ke dunia ini.

Baca Juga : Tentang materi puasa di situs nyamankubro.com

Maka pada bulan Ramadhan itulah terdapat peringatan hari nuzulul Quran atau hari diturunkannya al-Quran. Oleh sebab itu bulan Ramadhan merupakan bulan yang begitu mulia. Selain alasan di atas terdapat juga beberapa kemuliaan bulan Ramadhan seperti pada pembahasan dibawah ini

Kemulian di Bulan Ramadhan


  1. Setiap amal kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahalanya
  2. Ramadhan merupakan bulan penuh keberkahan, pintu-pintu syurga dibukak, pintu-pintu neraka ditutup dan syaitan-syaitan dibelenggu.
  3. Pada bulan Ramadhan terdapat malam yang begitu mulia, malam yang lebih baik dari pada seribu bulan yaitu malam lailatul qodar.
  4. Allah SWT. membebaskan para penghuni neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan.
  5. Puasa pada bulan Ramadhan merupakan sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadhan berikutnya
  6. Puasa Ramadhan dapat menjadi penghapus dosa yang telah lewat dengan catatan puasa Ramadhan tersebut dilakukan dengan ikhlas.
  7. Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tersebut.
  8. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling baik untuk bersedekah.
  9. Orang yang banyak beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.
  10. Doa orang yang menjalankan puasa ialah doa yang mustajab.
  11. Bacaan al-Quran yang dibaca pada malam bulan Ramadhan akan memberi syafaat kepada orang yang membacanya kela di hari kiamat.
  12. Orang yang menjalankan ibadah umrah pada bulan Ramadhan maka akan mendapat pahala seperti orang yang melakukan ibadah haji.     
      
Demikian uraian yang kami sajikan berkaitan dengan keutamaan bulan Ramadhan apabila dengan penjelasan ini sobat masih belum paham, silahkan sobat bisa kunjungi situs nyamankubro.com, situs yang membahas tentang agama. Atas segala kekeliruan dan kekurangan yang ada kami mohon maaf dengan setulus-tulusnya. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Posting Komentar

Posting Komentar