VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Pengunaanya

Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Pengunaanya - Bagi pecinta Smartphone pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata NFC. yap, NFC ini merupakan aplikasi yang mendukung pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti halnya Apple Pay dan Samsung Pay. tapi sebelumnya apakah anda sudah mengetahui mengenai NFC dan bagaimana cara kerjanya ?
Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Pengunaanya

Apa itu NFC ?

NFC atau yang disebut "Near Field Communication" yang merupakan komunikasi tanpa kabel jarak dekat atau pendek dimana antena yang digunakan lebih pendek dari pada gelombang sinyal operator. jadi NFC ini membutuhkan dua perangkat yang kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter (yang memberi sinyal) dan satu penangkat sinyal.

Apa Fungsi dan Cara Kerja NFC ?

Fungsi dari NFC adalah untuk memasangkan dua perangkat agar bisa bertukar data. tidak hanya antar ponsel, tetapi juga antara ponsel dengan printer, ponsel dengan kamera, ponsel dengan perangkat audio dan yang lainnya. ada hal yang perlu di ingat NFC ini bukan alat untuk mentrasnfer data, tetapi merupakan protokol untuk menyambungkan dua perangkat. sedangkan proses pemindahan datanya sendiri di lakukan dengan Wifi atau Bluetooth.

Fitur NFC ini sangat berguna sekali bagi kamu yang sehari-harinya melakukan berbagai pembayaran dengan E-wallet atau uang elektronik seperti membayar biaya jalan tol, MRT, Commuterline, naik Transjakarta dan lain-lain.dengan adanya fitur NFC pada Smartphone, itu akan membantu kamu untuk memeriksa sisa saldo atau mengisi saldo.

Salah satu fungsi terbaik dari NFC adalah sebagai perantara pembayaran.jadi anda bisa menyimpan informasi kartu kredit anda ke dalam aplikasi seperti Paypal atau Samsung Pay dan anda tinggal mendekatkan ponselnya ke perangkat terminal pembayaran saat di butuhkan. tidak perlu mengeluarkan kartu fisik atau menggesek lalu memasukan PIN, pembayaran anda berjalan dengan sangat cepat dan aman.

Jika anda perhatikan dari cara kerjanya, NFC ini agar mirip dengan bluetooth dan Wifi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan suatu informasi. teknologi yang digunakan pada NFC ini adalah Radio Frequency Identification atau yang biasa di singkat RFID.

Bagaimana keamanan pembayaran dengan fitur NFC, Apakah Aman ?

Cukup aman karena pengguna yang melakukan pembayaran ini tidak harus membuka aplikasi payment seperti Samsung Pay atau Paypal terlebih dahulu. Intinya, jika ponsel NFC didekatkan ke terminal pembayaran dan aplikasinya tidak aktif makan pembayaran itu tidak akan terjadi. 

karena jika anda ingin melakukan pembayaran melalui NFC ini jaraknya harus sangat dekat dengan alat pembayaran. jadi agak sulit untuk orang yang berniat jahat untuk membajak transsaksi anda dengan jarak yang sangat dekat dengan ponsel NFC tersebut.

NFC ini mempunyai keunggulan yang cukup signifikan, yaitu kecepatan koneksi. NFC hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik saja untuk menghungkan dua perangkat. ini menjadi salah satu kelebihan teknologi NFC. akan tetapi Fitur NFC ini tersedia pada smartphone kelas atas atau Flagship. 

sedangkan smartphone kelas menengah ke bawah yang beredar di pasaran, sebagian besar tidak memiliki fitur NFC

Nah, itu saja pembahasan kali ini mengenai Apa itu NFC dan Bagaimana Cara Pengunaanya. jangan lupa tinggalkan komentar di bawah dah share juga ke teman-teman di sosial media. semoga bermanfaat. 


Posting Komentar

Posting Komentar