VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Inilah Keunggulan Chipset Qualcomm Snapdragon 865 5G

Mengenal Berbagai Keunggulan Chipset Qualcomm Terbaru Snapdragon 865 5G - Akhir tahun lalu, perusahaan Qualcomm secara resmi memperkenalkan sebuah sistem on a chip (SoC) terbarunya pada sebuah acara summit di Amerika Serikat. Ia adalah Snapdragon 865 5G. kira-kira apa saja keunggulan fitur baru tersebut? Simak informasi berikut ini.
Mengenal Berbagai Keunggulan Chipset Qualcomm Terbaru Snapdragon 865 5G

Karakteristik Snapdragon 865 5G

Sistem on a chip dari Qualcomm ini dipercaya akan menjadi tren di berbagai ponsel flagship 2020. Terdapat berbagai fitur unggulan mulai dari Artificial Intelegent, kamera, sinyal 5G, sensor sidik jari terbaru, dan lain-lain. Berikut merupakan kumpulan beberapa terobosan baru yang dimilikinya:


Memiliki Pengolah Gambar Baru Beresolusi Tinggi

Snapdragon tipe terbaru ini dilengkapi oleh chip pengolah gambar (seperti ISP dan image signal processor) spectra 480 paling baru. Keunggulanya yakni mampu merespon sensor kamera dengan resolusi tinggi hingga mencapai 200 megapixel.

Kehadiran spectra 480 dengan resolusi 200 megapixel dianggap mampu untuk mengoptimalkan sensor kamera daripada versi sebelumnya. Qualcomm mengklaim chip terbarunya ini memiliki ISP yang lebih kencang

Dilengkapi dengan Multikamera

Spectra 480 juga disebut memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dari beberapa sensor kamera sekaligus dalam sekali waktu. Sehingga chip terbaru ini mampu menghadirkan fitur video dan foto yang bersifat multi kamera.

Selain itu, spectra 480 juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas hingga 8K. Hal tersebut diklaim menjadi yang pertama kali bisa dilakukan oleh gadget seperti ponsel. Sungguh menarik bukan?

Menyuguhkan Perfofma yang Lebih Tinggi

SoC terbaru satu ini juga memiliki performa yang lebih tinggi daripada keluaran pendahulunya. Mereka mengklaim bahwa produk baru tersebut memiliki peningkatan CPU dan GPU ponsel sebesar 25% dari chip sebelumnya.

Performa lebih kencang ini tentu akan memberikan benefit berupa optimalisasi pengunaan bagi para pemakai. Terutama mereka yang suka bermain game dalam waktu lama tanpa nge-lag.

Terdapat Kualitas Layar 144Hz

Qualcomm mengklaim bahwa chipset snapdragon 865 mampu menghadirkan pengalaman baru bagi para gamers yakni bermain game di layar 144Hz. Selain itu, Anda juga dapat menjalankan permainan di smartphone tersebut dengan durasi lama tanpa takut ponsel jadi cepat panas.

Dipercaya chip tersebut mampu menjaga suhu ponsel agar tetap rendah. Benefit lain bagi para gamers yang menggunakan Snapdragon 865 ialah sebuah fitur bernama game color plus. Ia memungkinkan terjadinya peningkatan kualitas game meskipun developer tidak memperbaruinya.

Dikabarkan Sudah mendukung Sinyal 5G

Snapdragon 865 5G ini tidak memiliki modem terintegrasi, Qualcomm memasarkannya dengan router jenis X55 yang mampu mendukung jaringan sinyal paling kuat saat ini. Chipset tersebut juga kompatibel dengan teknologi DNS sehingga memungkinkan untuk beroperasi dalam 2 spektrum

Ponsel keluaran 2020 banyak yang mengahadirkan jaringan sinyal 5G pada gadgetnya melalui pemasanan chip snapdragon 865 dengan modem X55. Router tersebut sendiri diangap lebih canggih dari versi X500 dengan dukungan standalone (SA) dan non-standalaone (NSA)

Memiliki Pengembangan Artificial Intelegence yang Canggih 

Kecerdasan buatan di Snapdragon 865 ini diklaim memiliki peningkatkan pada bagian pemrosesan neural network. Chip tersebut disebut mampu mengembangkan performa fitur AI. Contohnya seperti proses face recognition pada ponsel yang menjadi lebih cepat.

Performa AI juga diklaim menembus 15 trillion operations per detik. Pengenalan perintah suara dari jarak jauh pada ponsel kini memiliki respon lebih cepat dan akurat. Selain itu, ditambahkan pula fitur baru pada perangkat yakni speech to text yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di cloud.

Dibekali Jaringan Wi-Fi Paling Cepat

Kecepatan maksimal unduh dari Snapdragon 865 lewat jaringan tersebut ialah mencapai angka 1,8 Ghbps menggunakan latensi rendah lewat teknologi wi-fi 6. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang sering mengunakkannya gadget untuk bermain game online.

Teradapat Sensor Sidik Jari Bawah Layar 3D Sonic Max

Teknologi 3D Sonic Max dianggap akan meningkatkan performa sistem pengenalan sidik jari melalui sensor yang terletak dibawah layar. Fitur ultrasonic tersebut dipercaya mampu mendukung pemindaian dengan area lebih besar.
Dengan chip snapdragon 865 fitur pengenalan sidik jari memiliki area pemindaian 17 kali lebih besar dari sebelumnya. Kemudian proses recognitionnya kini juga menjadi lebih cepat, akurat, dan handal.

Mempunyai Teknlogi Samsung EUV Canggih

Untuk menghasilkan chipset canggih tersebut, Qualcomm menggandeng perusahan Samsung untuk membuatnya. Produk ini akan dibuat menggunakan fabrikasi extreme ultraviolet (EUV) Lithography berukuran 7 nanometer (nm).

Fabrikasi yang kecil tersebut mampu membuat prosesor bekerja lebih cepat dan hemat konsumsi daya. Teknolgi EUV ini kabarnya juga dapat menjanjikan peningkatan kinerja ponsel dari 20 menjadi 30 persen.

Sudah Mendukung Standar HDR10+

Prosessor unggulan Qualcomm di tahun 2020 ini dikabarkan akan melekat pada ponsel terbaru yang memiliki kamera 64 MP atau lebih tinggi. HDR10+ sendiri merupakan sebuah teknologi gambar dengan warna lebih detail, realistis, dan juga cerah.

Penggunaan prosessor ini tentunya sangat menarik bagi vendor ponsel yang emnggunakan fitur kamera sebagai nilai jual utamanya

Menghadirkan Efisiensi Energi dengan CPU Generasi Terbaru

Prosessor snapdragon 865 dilengkapi dengan arsitektur CPU generasi baru yakni Cortex-A77. Fitur tersebut juga dilengkapi dengan GPU Mali G77 yang bisa menghasilkan efisiensi energy lebih baik dan menciptakan kemampuan khusus untuk sistem machine learning.

Selain itu, arsitektur CPU Cortex-A77 ini juga dinilai mampu meningkatkan performa ponsel Anda sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan versi lama.

Dibrkali Kecepatan Unduh Maksimal Sebesar 7,5 Gbps

Modem Snapdragon X55 5G terbaru menghasilkan proses pengundungan mencapai 7,5. Hal tersebut jauh lebih cepat dibandingkan versi 855 yang hanya 2 Ghbps.
Beberapa Pabrikan Ponsel yang Akan Menggunakan Chipset Snapdragon 865 di Tahun 2020
Berikut merupakan beberapa pabrikan ponsel yang telah dikonfirmasi akan menggunakan snapdragon 865 pada perangkatnya di tahun 2020:

1. Samsung

Samsung disebut akan merilis beberapa smartphone barunya dengan chipset snapdragon 865 di tahun 2020. Deretan ponsel flagship tersebut ialah Galaxy S11 dan Note 11

2. Motorola

Motorola mengklaim akan memproduksi banyak ponsel dengan konektivitas 5G di tahun 2020. Buniac berencana untuk menanamkan snapdragon 765 dan 865 pada tipe smartphone flagship unggulannya.

3. Oppo

Pada kuartal pertama 2020, Oppo telah menyatakan bahwa akan merilis produk ponsel dengan chipset snapdragon 865. Diprediksi smarthpone tersebut akan datang dari jajaran seri Renonya.

4. Xiaomi

CEO dari Xiaomi mengumumkan bahwa pabrikan ponsel tersebut juga akan mengeluarkan seri Mi 10 dengan berbekal chipset snapdragon 865. Smartphone itu diprediksi liris sekitar kuartal pertama pada tahun 2020.

Para pembaca sekalian, itulah beberap keunggulan dan beberapa pabrikan ponsel yang akan menggunakan Snapdragon 865 5G pada perangkat mereka di tahun 2020. Jika Anda tertarik dengan terobosan baru, selalu pantau informasi terbaru di laman ini.
Posting Komentar

Posting Komentar