VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Opsi Pengembang di HP Oppo

Serieswans.com - Bagi para pecinta teknologi smartphone Indonesia, mungkin opsi pengembang atau developer option bukanlah menjadi istilah yang asing lagi. Bukan tanpa alasan, dengan fitur opsi pengembang tersebut, pengguna akan mendapatkan hak istimewa berupa akses yang lebih luas terhadap perangkat yang digunakan. 

Walaupun sudah sangat banyak artikel yang membahas tentang topik kali ini, nyatanya masih sangat banyak yang meminta untuk diberikan tutorial terkait opsi pengembang.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Opsi Pengembang di HP Oppo
Mode Developer / Mode Pengembang


Tapi, sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan opsi pengembang tersebut.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Opsi Pengembang di HP Oppo

Opsi pengembang atau developer option merupakan perangkat pengaturan tersembunyi yang ada di suatu smartphone. Lalu, mengapa harus disembunyikan? Pihak produsen sengaja menyembunyikan pilihan menu ini untuk menghindari adanya ketidaksengajaan pengguna yang menyebabkan hasil yang tidak diinginkan.

Dengan mengaktifkan opsi pengembang pada smartphone, Anda bisa mengakses fitur-fitur yang tidak bisa diakses pengguna lain. Salah satu contoh fitur yang bisa diakses seperti USB Debugging dan flash firmware dengan menggunakan komputer. Untuk lebih jelasnya.

Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan opsi pengembang:

  1. USB Debugging
  2. Mempercepat dan memperlambat animasi tampilan perangkat
  3. Memperbaiki kualitas gambar game dengan mengaktifkan Force 4x MSAA
  4. Mengubah lokasi GPS
  5. Mengubah IP Address
  6. Menghapus aplikasi default
  7. Memantau alur penyimpanan secara mendalam.

Jika ada keuntungan, pasti ada  juga kekurangan. Jadi gini sob, dengan penggunaan USB Debugging, perangkat Android akan menerima file atau data dari sumber manapun. Artinya, perangkat Android selalu dalam keadaan terbuka dalam menerima file. 

Dengan hal tersebut, bisa saja file yang diterima mengandung malware atau sejenis virus yang berbahaya. Namun, terlepas dari semua keuntungan dan kekurangan yang telah saya sebutkan tadi, Anda tetap menjadi pemegang kuasa atas apa yang Anda ingin lakukan.

Pada umumnya, setiap perangkat smartphone memiliki fitur opsi pengembang. Namun khusus untuk kali ini, saya hanya akan memberikan tutorial terkait HP Oppo. Walaupun HP Oppo memiliki banyak jenis, namun biasanya memiliki struktur pengaturan yang hampir mirip.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Fitur Opsi Pengembang di HP Oppo

  1. Buka menu Pengaturan atau Setting
  2. TekanTentang Ponsel atau About Phone
  3. Tekan Selanjutnya atau More
  4. Tekan atau ketuk tampilan halaman yang muncul sebanyak 7 kali hingga muncul tulisan "You are on Developer Option".
Untuk memastikan apakah opsi pengembang sudah aktif, silahkan kembali ke menu Pengaturan awal dan cari pilihan Developer Option atau Opsi Pengembang. Jika sudah muncul, artinya proses telah berhasil dilakukan. Untuk menonaktifkan fitur tersebut, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  2. Tekan Manajer Aplikasi atau Application Manager
  3. Pilih Data Pengaturan
  4. Tekan Hapus Data atau Clear Data.

Akhir Kata / Kesimpulan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan setelah membuka fitur opsi pengembang. Bukan hanya dari segi layanan yang bisa didapatkan, Anda juga bisa melihat struktur kode aplikasi yang digunakan. Dengan struktur tersebut, tentunya Anda bisa belajar tentang bagaimana aplikasi bisa bekerja dengan maksimal. Namun, Anda juga perlu berhati-hari ketika menggunakan fitur tersebut. 

Disclaimer

Tulisan ini dibuat hanya sebagai bahan pembelajaran, saya hanya membagikan informasi sesuai dengan apa yang saya ketahui. Jika Anda setuju untuk menggunakan opsi pengembang tersebut, semua resiko yang bisa didapatkan ditanggung oleh pembaca itu sendiri. 

Artikel Guest Post By Burhanuddin
Alamat website : ferisp
2 komentar

2 komentar