VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Apa itu Progressive Web Apps dan Apa Kelebihannya

PWA adalah singkatan dari Progressive Web Apps, merupakan sebuah website atau blog yang dapat di install seperti aplikasi smartphone pada umumnya, baik itu di mode Desktop maupun mobile dan dapat langsung di buat dari web. Progressive Web App ini sangat cepat di aksesnya dan lebih bagus lagi Progressive Web App ini sudah mendukung semua jenis browser.

Apa itu Progressive Web Apps dan Apa Kelebihannya
Progressive Web Apps


Jika anda ingin membuat Progressive Web App untuk Blog atau Website, maka anda harus mengetahui dulu materi mengenai PWA dan apa saja kelebihannya.

Apa itu Progressive Web Apps dan Apa Kelebihannya

Ada alasan mengapa kita sebagai pemilik website atau blog harus menggunakan Progressive Web App yaitu 

Website/blog dapat di akses dengan cepat

PWA ini terkenal dari segi kecepatannya yang mengacu pada berapa lama meaningful content dapat di tampilkan di layar

PWA ini merupakan aplikasi hybrid yang terinspirasi dari kemudahan penggunaan browser di berbagai platform dan kenyamanan menggunakan aplikasi mobile di ponsel maupun tablet

nah ada beberapa contoh website yang sudah menggunakan PWA diantaranya adalah Twiter, Trivago dan Pinterest.

Apa Saja Kelebihan PWA ?

Pada event IO/2017 silam, Menurut mbah Google bahwa ada 3 keuntungan jika developer mengembahkan aplikasi dengan menggunakan metode Progressive web aplplication (PWA)

Google sendiri menyebut kelebihan PWA dengan istilah FIRE (Fast, Integrated, Reliable, and Engaging). cepat, terinstegrasi bisa di andalkan dan menarik.

Namun bagaimana penjelasang lengkap mengenai kelebihan PWA jika dilihat dari sisi pemilik website atau pengguna aplikasi

Hemat Biaya

Mengembangkan sebuah Progressive Web App tidak memerlukan biaya yang besar. anda cukup mengembangkan sebuah website dengan metode progresif yang di tawarkan PWA. hasilnya, sebuah aplikasi bisa digunakan di semua perangkat.Hal tersebut akan membutuhkan biaya pembuatan yang lebih kecil

Support di berbagai perangkat

Membangun PWA memungkinkan anda untuk merancang tampilan aplikasi yang seragam di berbagai perangkat dengan berbagai ukurana layar baik ponsel ataupun tablet

Bisa Diakses dengan Mode Offline

Salah satu kelebihan menggunakan Progessive web app ini mampu beroperasi meskipun saat tidak ada jaringan internet atau yang biasa disebut mode offline. hal ini jelas berbeda dengan aplikasi web pada umumnya yang jika kondisinya sedang tidak ada jaringan atau internet, maka akan muncul gambar dinasaurus. contohnya anda mempunyai aplikasi web seperti toko online, ketika pengunjung sedang mengakses aplikasi web anda dan tiba-tiba jaringan intenet terputus dan menyebabkan si pengunjung kehilangan akses untuk menjelajahi aplikasi web anda.

Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir jika sudah menggunakan Progressive web app (PWA), karena semua produk penjualan yang ada di toko online anda masih bisa di lihat dan tersimpan dalam cache. jadi pengunjung ada akan bisa mengakses produk yang ada di toko online ada meskipun jaringannya terputus.

Tidak Bergatung pada Aplikasi Store

Perlu anda ketahui bahwa penggunaan PWA ini merupakan salah satu kunci sukes agar situs website anda memiliki performa yang cepat dan kinerja yang optimal.

Salah satu kelebihan menggunakan Progressive web app ini adalah tidak bergantung pada Google Play Store, Apple Store atau Windows Store ketika anda ingin mempublikasikan aplikasi anda, dengan begitu anda bisa secara bebas mengembangkan aplikasi yang anda bangun tanpa harus mematuhi syarat dan kebijakan/ketentuan yang di berlakukan pada Apps Store tersebut.

Kekurangan Progressive Web Apps

Meskipun progressive web apps ini memiliki banyak kelebihan yang sudah kita bahas di atas, namun ternyata ada kekurangan yang perlu anda ketahui sebeleum menggunkan PWA ini. salah satu kelemahannya adalah tidak semua perangkat/device bisa menggunakan PWA. contohnya PWA ini tidak kompatibel untuk semua smartphone keluaran apple kecuali pada IOS 11.3.

Nah Itulah beberapa poin yang bisa anda pahami mengenai Apa itu Progressive Web Apps dan Apa Kelebihannya. agar situs anda memiliki tingkat keamanan yang terjamin anda perlu menerapkan aplikasi webnya ke PWA. semoga pembahasannya bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun orang yang mengunjung postingan ini, terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar