VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara install Material Theme sublime text 3

 Cara install Material Theme sublime text 3 - Text edttor menjadi bagian yang paling penting dan krusial bagi seorang programmer yang tiap bergelut menuliskan baris kode dan menjadi bagian yang tidak pernah lepas dari seorang programer yang sudah mahir maupun yang masih belajar atau pemula. teks editor ini bisa di bilang senjata utama bagi programmer untuk membangun atau membuild sebuah project aplikasi, website dan project lainnya. ada banyak sekali aplikasi text editor yang tersebar luas seperti Visual studio code, froala, UltraEdit, Brackets, Notepad++, Bluefish, Light Table, Komodo Edit, Vim, NetBeans dan yang terakhir dan yang saya rekomendasikan adalah Sublime Text.


Mengapa memilih Sublime Text ?

Sublime text ini sudah mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac, Linux. jadi tidak masalah jika kalian ingin menggunakan aplikasi sublime text di sistem operasi tersebut saat mengerjakan sebuah project. tak hanya itu sublime text memiliki cukup banyak keunggulan yaitu proses loading cepat dan dapat digunakan di berbagai perangkat dengan resource yang kecil, selain itu ada banyak fitur yang bisa di tambahkan dengan menginstall plugin, kalian juga bisa menginstall banyal plugin yang dibutuhkan asalkan mempunyai resource yang cukup. selain itu sublimte text memiliki tampilan yang minimalis dan keren. apalagi dipadukan dengan tampilan tema yang keren dibanding tampilan tema defaultnya yang bikin jenuh menurut saya. 

Nah kali ini saya merekomendasikan sebuah theme atau tema yang bisa kalian install dan diactive-kan ke dalam sublime text agar memiliki tampilan yang lebih beragam dan keren/ tema tersebut cukup populer dan banyak digunakan termasuk saya,  yaitu Material Theme.

Mengapa memilih Material Theme ?

Material Theme ini dibuat oleh equinusocio untuk memberikan kesan dan cita rasa material design di dalam sublimte text. dilanstir dari halaman github equinusocio, material theme menjadi The Most Epic Theme untuk sublime text 3 dan sudah ada banyak pengguna yang menginstall theme yang satu ini baik itu di perangkat windows, mac, linux

Tampilan dari Mateial Theme seperti berikut

Cara install'Material Theme sublime text 3


sangat bagus bukan dan keren, nah anda ingin juga menginstall dan menerapkan theme tersebut pada sublimte text anda, yuk intip caranya dibawah ini!

Cara mengintall dan mengaktifkan Material Theme 

  • Pertama, install Package Control terlebih dahulu dengan menekanMaterial Theme sublime text 3 atau klik menu 
  • Tools > Command Pallete
  • Lalu ketik Install Package Control, kemudian tekan enter

Cara install Material Theme sublime text 3
  • Setelah terinstal Package Control tersebut, dilanjutkan untuk menginstall Material 
  • Theme
  • Tekan Ctrl+Shift+P secara bersamaan atau klik menu Tools > Command Pallete.
  • Lalu ketik Package Control: Install Package
Cara install Material Theme sublime text 3


  • Setelah itu Sublime Text akan mememuat repositories dari Package Control
  • Jika sudah, ketik Material Theme dan klik enter

Cara Mengaktfikan Material Theme

  • Jika instalasai theme sudah berhasil, makan akan muncul sebuah file berisi tentang tema tersebut
  • Untuk mengaktifkannya, tekan Ctrl+Shift+P, kemudian ketik Material Theme: Activate Theme
  • Kemudian pilih tampilan yang kalian terapkan dan klik
  • Terakhir restart Sublime text dan theme yang kaliajn inginkan sudah terpasang pada sublime text kalian.

Nah itu tadi Cara Install Material Theme Sublime Text agar tampilan Text Editor kesayangan kalian menjadi lebih menarik dan tidak membosankan saat kalian belajar coding atau yang sedang membuat project, sekian dari saya dan jangan lupa terus belajar.

Posting Komentar

Posting Komentar