VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara Membuat dan Memasang Icon Favicon Blog atau Website

Serieswans.com - Apa kabar teman-teman sahabat blogger semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana membuat icon favicon blog dengan mudah dan simple. Mungkin teman-teman disini tau apa yang di maksud dengan favicon. Yap, saya akan jelaskan sedikit tentang favicon.


Favicon atau dikenal dengan favorite icon adalah logo dengan ukuran size minim atau kecil yang bisa kita lihat iconya pada pojok kiri atas tab browser pada sebuah blog atau website teman-teman. Apabila teman-teman disini tidak memasang icon favicon, otomatis secara default iconnya di ganti menjadi icon favicon "B" yaitu bawaaan blogger itu sendiri ketika anda membuat atau mendaftar blog baru dan teman-teman juga bisa merubahnya sesuai icon favicon yang teman-teman sukai.

Favicon ini fungsinya sebagai identitas blog atau website anda. bisa di bilang tidak wajib di pasang, tetapi apa salahnya kita untuk memperkeren atau mempercantik tampilan blog kita agar terlihat keren, lebih menarik dan profesional.

Berikut adalah Cara Membuat Icon Favicon Blog atau Website dengan mudah :

Cara pertama merupakan proses pembuatan icon faviconnya. silahkan simak langkah-langkahnya :
  • Pertama , Syarat awal adalah ukuran logo atau bentuk logo harus persegi dengan memiliki panjang dan lebar sama, apabila panjang dan lebarnya beda, maka logo tidak bisa di pasang. karena ukurannya tidak sama.
  • Kedua , Nah untuk software untuk membuat icon faviconya bebas atau terserah teman-teman disini. Mau pakai Photoshop atau Corel Draw untuk software windows. untuk android bisa memakai aplikasi Picsay Pro atau PicsArt. ingat ya teman-teman pakai software yang kalian bisa agar dalam pembuatan icon faviconnya bagus.
  • Ketiga, Disini saya menggunakan software atau aplikasi Photoshop untuk membuat icon faviconnya, bisa teman-teman lihat pada gambar di bawah ini dan jangan lupa ketika mau di export harus menggunakan format JPG, GIF atau PNG ya.
    Cara Membuat dan Memasang Icon Favicon Blog atau Website dengan Mudah dan Simple
    Cara Membuat dan Memasang Icon Favicon Blog/Website dengan Mudah
  • Keempat, Apabila sudah, lanjut ke tahap pemasangan icon faviconya.
 Apabila teman-teman disini ingin merubah ukuran logo nya bisa menggunakan adobe Photoshop untuk memperkecil atau memperbesar ukuran. Jika teman-teman tidak mau repot untuk merubah icon faviconya, silahkan kalian bisa menggunakan situs website untuk membuat ukuran icon favicon sebagai berikut :
  • http://www.genfavicon.com/
  • http://www.favicon-generator.org/
  • http://www.favicon.cc

Berikut adalah Cara Memasang Icon Favicon Pada Blog :

Tahap kedua ini adalah cara pemasangan icon faviconnya, silahkan teman-teman simak dengan baik tutorialnya:
  • Pertama, Silahkan teman-teman login terlebih dahulu ke akun blogger.
  • Kedua, Masuk ke halaman tata letak.
  • Ketiga, Pilih pilihan edit pada favicon ( terletak pada pojok kanan bawah ada tulisan edit) sehingga akan muncul sebuah jendela pop up baru.
  • Keempat, Klik pilihan Choose file atau browse. 
  • Kelima, Lalu teman-teman cari icon atau logo favicon yang sudah anda buat tadi.
  • Keenam, Lalu klik simpan setelan.
Icon favicon atau Logo favicon ini tidak akan muncul setelah anda  memasangnya. akan tetapi membutuhkan waktu beberapa saat agar icon faviconya muncul pada blogger. biasanya dalam waktu 24 jam icon favicon tersebut akan tampil pada blog anda.

Baca Juga : Cara Memasang Script Anti Select dan Anti Copas pada Blog dengan mudah

Baik untuk kali ini saya hanya menjelaskan secara singkat tentang Cara Membuat dan Memasang Icon Favicon Blog/Website dengan Mudah. Apabila teman-teman disini memiliki pertanyaan mengenai tips di atas, anda bisa komentar pada kolom di bawah yang sudah di sediakan. jangan lupa kunjungi dan tunggu update artikel selanjutnya.

Posting Komentar

Posting Komentar