VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer lambat dan Not Responding

Serieswans.com Pernakah kalian mengalami laptop atau komputer anda lag dan lambat, apalagi kalo sudah sampai muncul notifikasi aplikasi not responding, rasanya tuh kesel banget apalagi kalo sedang ada kerjaan yang harus cepat diselesaikan, kebayangkan gimana rasa keselnya,bisa-bisa laptopnya di bantingin. tapi tenang pada kesempatan kali in saya akan share bagaimana mengatasi komputer atau laptop anda sering lag dan lambat.
5 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi (PC) Komputer Hang atau Lemot
5 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi (PC) Komputer Hang atau Lemot 

Komputer atau laptop yang tampaknya menjadi lambat ini terjadi karena masalah di semua penggunaan komputer dari yang menjalankan Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 bahkan yang menjalankan dengan Windows XP dan Windows Vista. jika anda termasuk salah satu orang yang frustasi dengan kecepatan komputer anda yang lambat, jadi dengan teman-teman membaca artikel ini bisa meringankan beban frustasi anda pada masalah komputer yang lambat.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Komputer Nyala Tapi Layar Blank Hitam atau No Display

Apa penyebab utama komputer itu melambat, Penyebab yang paling utamanya di bagi menjadi dua kategori menurut saya, yaitu permasalahan pada perangkat keras dan perangkat lunak atau yang biasa di sebut Hardware dan Software.

Berikut adalah cara mengatasi komputer yang lambar karena masalah pada Softwarenya

Permasalahan yang terdapat pada kecepatan komputer

  • Karena low memory atau kehabisa ruang pada Hard-disk
  • Kesalahan data yang corupt atau terfragmentasi pada file 
  • Kerusakan yang di akibatkan oleh virus Spyware dan Malware
  • Terjadi masalah pada Driver software yang broken, terhapus atau jarang di update
Space atau Ruang pada Hard Disk rendah dan komputer anda membutuhkan ruang space hard disk minimum hanya 500 Megabyte. pada dasarnya untuk menampung file sementara dan swap. kedua faktor tersebut yang kemungkinan komputer untuk mempercepat proses tertentu dengan menyimpan informasi sementara untuk akses yang lebih mudah dan cepat. jika komputer anda tidak memiliki cukup ruang pada hard disknya, sebaiknya menggunakan file sementara atau peningkatan file swap,
sehingga ini akan berhasil mamksimalkan performa pada komputer anda.

Bagaimana cara memeriksa apakah teman-teman mengalami permasalahan komputernya pada ruang hard disk :
  • Nyalakan komputer anda dan pilih My Computer
  • Lalu Klik kanan pada Drive yang ingin anda periksa (contohnya pilih C: LocalDisk)
  • Kemudian pilih menu Properties dan lihat alokasi ruangan di bawah tab umum
  • Apabila anda pengguna Windows 7 atau XP maupun Vista, anda cukup memilih icon komuter dan melihat alokasi ruang pada panel kanan

Permasalahan yang terjadi karena Driver Software yang terhubung ke komputer anda

Driver software yang jarang di update atau sudah rusak dapat menyebabkan masalah pada kinerja komputer yang cukup serius. komputer yang lambat bisa kita coba mengecek apakah driver pada komputer anda sudah usang atau rusak, sehingga kita perlu mengupdate drivernya agar berjalan dengan baik seperti semula. Saran saya biar lebih simple dan mudah, anda cukup menyiapkan kuota sebesar 15 atau 20 GB untuk mengunduh Driver Pack dengan versi terbaru.

Permasalahan yang terjadi karena Data yang corupt atau Terfragmentasi pada sebuah file

Masalah pada data sering terjadi oleh saya sendiri,karena data itu secara alami akan terfragmentasi dari waktu ke waktu karena file program tersebar di hard disk komputer anda. Microsoft sendiri telah mengembangkan utilitas Defrag untuk mengatur file dan membuat sistem pengarsipan komputer lebih teratur dan mudah di akses. dengan mengakses data yang lebih, akan mudah meningkatkan kecepatan komputer anda.

Berikut adalah cara untuk menjalankan Defrag pada Windows XP, Vista dan Windows 7 :
  • Pertama klik dua kali pada my computer
  • Lalu pilih Drive yang ingin anda periksa (misalkan Drive C)
  • Kemudian klik kanan pada Drive dan pilih Properties
  • Terkahir pilih tab alat dan klik "Defragmentasi Sekarang"
Berikut cara untuk menjalankan Defrag pada Windows versi lawa yaitu Windows 95, 98 dan Windows ME :
  • Pertama klik mulai
  • Klik jalankan dan ketik "Defrag" ke dalam kotak teks , lalu klik ok
  • Pada jendela Defrag pilih Drive yang relevan ( Drive C) dan klik ok

Permasalahan yang terjadi karena banyak muncul iklan pada komputer

Masalah yang satu ini sering tanpa sadar kita alami baik itu ketika kita lagi browsing dengan mozila ataupun google chrome dan kita tanpa sengaja klik iklan yang tidak di sengaja. ini juga faktor munculnya iklan pada komputer anda ketika tidak membuka browser. mungkin anda pernak mengalami pada saat mengaktifkan layanan internet pada komputer, eh tiba-tiba komputer membuka browser secara otomatis. jadi sebaiknya anda pasang antivirus browser untuk memblokir dan menghapus iklan tersebut dari komputer.

Permasalahan yang terjadi karena Virus Malware dan Spyware

Masalah program antivirus seingkali dapat membiarkan atau mengabaikan beberapa virus spyware dan malware melalui media internet. jadi sangat penting bagi anda untuk menginstal sebuah alat atau utilitas antivirus untuk komputer anda agar aman dari ancaman virus berbahaya seperti Ransomware. dan sering-seringlah untuk mengupdate program pada windows dan software antivirusnya.

Berikut adalah cara mengatasi komputer yang lambar karena masalah pada Hardwarenya


Faktor pertama penyebab komputer itu melambat adalah Bad Hardware

Maksudnya jika teman-teman tidak dapat menemukan cara lain untuk meningkatkan kinerja komputernya yang lambat, maka itu mungkin terkait dengan masalah hardware. ini mungkin bisa terjadi dengan Hard Drive atau ,Motherboard. ini jika teman-teman sudah kehabisan semua cara lain, dan berpikir itu mungkin masalah pada perangkat keras, teman-teman uga bisa membawanya ke tukang service komputer atau kalian sendiri bisa memperbaikinya sendiri.

Baca Juga : Mengenal dan Mengatasi Macam-Macam Eror Code pada Device Manager di Windows

Faktor kedua penyebab komputer yang lambat adalah Hadware Komputer yang Overheating

Mungkin teman-teman pernah mengalami komputernya kepanasan, nah inilah faktor yang mungkin disebakakan komputer itu melambat. kalian mungkin pernah dengar suara kipas komputer bekerja lebih cepat dan menimbulkan suara, jika komputer itu kepanasan. salah satu penyebab utama komputer terlalu panas adalah kotoran ataupun debu yang membatasi aliran udara. serta membersihkan komputer anda. teman-teman juga harus sering memastikan tidak ada yang di tempatkan atau terhadap komputer yang membatasi aliran udara yang terbatas dan pengoprasian kipasnya.

Mungkin cukup sekian tentang artikel 5 Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi (PC) Komputer Hang atau Lemot , semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman anda bila ingin tau cara mengatasinya.sekian dan terima kasih.
Posting Komentar

Posting Komentar