VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC  - Hallo sahabat oprekers, pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan membagikan tentang tutorial bagaimana cara downgrade dari MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X dengan PC dan tanpa PC. MIUI 10 ini telah di rilis secara resmi di india pada tanggal 6 juni. Xiaomi ini mengklaim bahwa MIUI 10 ini mempunyai julukan "Faster Than Fast"

MIUI 10 memiliki peningkatan dalam segi performa dan kecepatan jika kita bandingkan dengan MIUI 9. dari mulai peningkatan dari segi Design, Kinerjanya sampai fitur-fitur baru yang bisa membuat para penggemar xiaomi ini merasa lebih keren dan dapat mempermudah menjalani aktivitas sehari-harinya dengan menggunakan gadgetnya.

Meski fitur-fitur dalam MIUI 10 ini sudah sangat bagus dan optimal, akan tetapi banyak pengguna xiaomi yang sudah mengupdate systemnya ke MIUI 10 malah pengen di turunkan lagi ke MIUI 9. 

ada apa gerangan kawan, mengapa anda mendowngrade dari MIUI 10 ke MUI 9 ? silahkan kirimkan pendapat anda di kolom komentar.

Menurut pengalaman saya sejak mengupdate ke MIUI 10, dalam segi performa dan kinerja dalam menggunakan sosial media ataupun bermain game, sudah cukup optimal dan mantap. sedangkan dari segi design serta fitur lainnya juga sudah sangat baik dan keren. akan tetapi ada satu yang mengganjal dan kadang membuat saya kesal. yaitu dalam MIUI 10 sudah disisipkan IKLAN. nah mungkin ini yang membuat anda kesal dan ingin mendowngrade systemnya dari MIUI 10 ke MIUI 9.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC
Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC 

Ada 2 cara atau metode untuk mendowngrade MIUI 10 ke MIUI 9 yaitu melalui Fastboot dan Updater. untuk cara melalui update ini sangat mudah dan simple menurut saya. karena bisa di lakukan Tanpa PC atau Komputer. sedangkan lewat Fastboot ini lebih sedikit masalahnya akan tetapi lebih beresiko dan lumayan rumit untuk anda yang masih awam mengatasi masalah ini. 

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Lewat Updater (Tanpa PC) :

  • Pertama silahkan anda download terlebih dahulu Rom MIUI 9 versi 9.6.5.0  di bawah ini atau versi 9.1.1.0 di Rom MIUI 4X v9.1.1.0
  • Setelah di download, silahkan simpan file zip nya di luar folder agar memudahkan saat mencari filenya.
  • Saya sarankan logout terlebih dahulu akun MI dan Google anda.
  • Selanjutnya buka Pengaturan => Updater => Tentang Ponsel => Pembaharuan Sistem.
  • Kemudian klik 3 titik pada bagian kanan atas lalu pilih choose update package atau pilih paket pembaharuan.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC
MIUI 10
  • Setelah itu cari file rom yang sudah di download tadi.
  • Kemudian nanti akan muncul opsi pilihan Erase Data atau Hapus Data, silahkan pilih Yes.
  • Setelah proses instalasi di mulai maka otomatis Hp Xiaomi Redmi 4X nya akan restart.
  • Untuk waktu proses penginstalan ini cukup lumayan lama, silahkan anda sambil ngopi dan ngemil untuk menunggu penginstalan selesai, hehe.
  • Pada saat proses booting juga membutuhkan waktu sekitar 10-20 menit.


Menurut saya cara tersebut tergolong sangat mudah untuk di praktekan dan bisa di lakukan untuk orang awam sekalipun. akan tetapi ada satu kekurangan jika anda menggunakan metode ini yaitu terkadang suka muncul pesan eror atau bug secara tiba-tiba. jika anda mengalami hal tersebut silahkan lakukan reset data dan cache.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Lewat Fastboot (Dengan PC/Komputer :

  • Pertama, smartphone xiaomi anda harus ter Unlock terlebih dahulu. apabila sudah Unlock silahkan lanjutkan tutorialnya.
  • Download terlebih dahulu aplikasi Miflash Tool

  • Setelah itu install aplikasi Miflash Tool dan jalankan aplikasinya.
  • Kemudian anda download Rom MIUI 9 v9.5.1.0 fastboot, lalu pilih Fastboot Rom. bentuk format filenya juga .tgz

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC
Fastboot Rom 
  • Setelah itu ekstrak file romnya dan disini kita mulai proses downgradenya
  • Matikan smartphone xiaomi anda dan masuk ke Mode Fastboot. yaitu dengan cara tekan tombol power dan volume (-) secara bersamaan untuk beberapa saat.
  • Setelah muncul logo Fastboot muncul, Hubungkan smartphone xiaomi anda ke PC atau Komputer.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC
Mode Fastboot
  • Kemudian buka aplikasi MiFlash Toolnya dan tekan tombol Refresh untuk mengetahui bahwa smartphone xiaomi anda sudah terdeteksi ole miflash tool. 
  • Setelah itu silahakan anda cari folder hasil meng-ektrak rom MIUI 9 tadi.
  • Selanjutnya tinggal tekan tombol Flash untuk mulai penginstalan rom.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC
Miflash Tools
  • Setelah itu tunggu sampai bar hijau itu penuh dan akan muncul tulisan sukses
  • Maka secara otomatis smartphone xiaomi anda akan restart dan perangkat anda sudah di downgrade dari MIUI 10 ke MIUI 9.


Untuk metode fastboot ini memasang cukup rumit dalam proses penginsatalannya dan membutuhkan sebuah PC atau Komputer. meskipun resiko menggunakan metode ini adalah  dapat menyebabkan perangkat anda hardbrick jika anda salah melakukan caranya. oleh karena itu silahkan anda pilih mau memakai metode yang mana. 

Kadang kita melakukan sesuatu itu ada permasalahan dan resikonya. tapi selama anda melakukan itu dengan teliti dan benar, pasti akan berhasil. intinya kita melakukan cara tersebut untuk meminimalisir permasalahan dan resiko tersebut.

Nah, mungkin itu saja pembahasan dan tutorial kali ini mengenai Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 Redmi 4X Dengan PC dan Tanpa PC. jika anda mempunyai pertanyaan silahkan berkomentar di bawah. jangan lupa share juga ke teman-teman dan media sosial anda jika rasa artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar