VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Belajar HTML Part 1 - Apa itu HTML dan Sejarah Perkembangannya

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa marka standar untuk dokumen yang di rancang untuk ditampilkan di browser atau peramban internet. HTML sering dipadukan dengan CSS (Cascading Style Sheets) untuk membuat tampilannya lebih menarik dan dipadukan dengan bahasa lainnya seperti Javascript, PHP dan bahasa lainnya.

HTML ini bisa dibilang sebagai struktur, fondasi, atau sebuah rangka dari sebuah halaman web, dalam penulisan elemen HTML diawali dengan tanda kurung siku, contohnya <html> sebagai tag pembuka dan </html> atau <html /> sebagai tag penutup.

Belajar apa itu HTML dan sejarahnya
HTML


Baik kita kita mulai membahas mengenai sejarah perkembangan HTML hingga saat ini

Awal sejarah HTML

Dimulai pada tahun 1980 Seseorang ilmuwan asal inggris bernama Tim Berners-Lee yang merupakan ahli fisika dan kontraktor di sebuah organisasi bernama CERN mengusulkan untuk membangun sistem untuk ilmuwan CERN untuk membagi dokumen. sehingga pada tahun 1990, 
Tim Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet dan Berners-Lee menspesfikasikan HTML. singkatnya pada 1991 Tim Berners-Lee pertama kali di sebutkan di internet mengenai penjelasan pertama HTML adalah sebuah dokumen yang disebut Tanda HTML, yang awalnya hanya ada 18 elemen, versi sederhana dari HTML yang dirancang untuk menyusun dokumen online dengan cara yang memunkinkan pengguna untuk berpindah antar halaman dengan sangat mudah. 

Perkembangan HTML 2.0

HTML 2.0 dipublikasikan pada 24 November 1995 yang memiliki peningkatan dari tabel, unggah file berdasarkan bentukm gambar peta berbasis klien dan internasionalisasi

Perkembangan HTML 3.2

HTML 3.2 merupakan versi pertama yang dikembangkan dan distandardisasi secara khusus oleh W3C yang di publikasikan pada 14 januari 1997. secara singkatnya pada tahap ini menghilangkan kasus tumpang tindih antara beberapa kepemilikan dan mengadopsi sebagian besar tanda marka visual dari Netscape.

Perkembangan HTML 4.0

Dipublikasikan sebagai rekomendasi W3C pada tahun 18 Desember 1997. singkatnya pada tahap ini memiliki peningkatan dari versi sebelumnya seperti mengadopsi banyak tipe elemen dan atribut yang spesifik untuk browser.

HTML 5

Pada 28 Oktober 2014 HTML 5 dirilis dengan versi stabil dan direkomendasi oleh W3C.  HTML 5 menjadi penanda revolusi dengan menambahkan tag videom audio, grafis vektor dan beberapa elemen lainya yang menjadi sebuah inovasi untuk kebutuhan web modern.

Kesimpulan

Mengenal sejarah HTML merupakan perjalanan revolusi yang sangat luar biasa tentunya dari HTML versi dasar dan sederhana hingga HTML 5 yang memiliki banyak fitur untuk memenuhi kebutuhan web modern.  melalui pengenalan sejarah tersebut kita bisa dapat menghargai betapa pentingnya peranan HTML dalam membentuk Dunia Web yang kita kenal sekarang.

Itu saja pembahasan kali ini semoga bermanfaat,  source wikipedia

Posting Komentar

Posting Komentar