VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara Manfaatkan Media Sosial Dalam Berbisnis di Era Digital

Manfaatkan Media Sosial Dalam Berbisnis di Era Digital Saat ini! Perkembangan teknlogi diera digital ini memang tidak bisa dipungkiri. Setiap orang yang hidup pada generasi milenial tentunya harus peka terhadap perkembangan teknologi disekitar dan harus mengikuti perkembangan tersebut. Karena di jaman seperti sekarang ini terdapat berbagai macam teknologi digital yang sudah mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat.
Cara Manfaatkan Media Sosial Dalam Berbisnis di Era Digital
Cara Manfaatkan Media Sosial Dalam Berbisnis di Era Digital Saat ini

Pastinya Anda juga harus menguasai keahlian tertentu supaya bisa mengikuti era digital ini dengan tenang. Mengapa demikian? Ya, karena majunya perkembangan teknologi tentunya kita harus siap dalam melakukan sebuah perubahan atau mengembangkan skill agar bisa mengikutinya dan menjaga persaingan baik dalam bisnis maupun kehidupan sosial. Lalu apa saja keahlian yang wajib Anda miliki di Era digital ini? Berikut ada 2 keahlian yang harus Anda kuasai di Era digital yang serba canggih Ini!

Mempunyai Bakat dan Kuasai Teknologi Digital, Edukasi dan Bisnis

Disini Anda harus memiliki bakat bisnis dan berani mengambil peluang berbagai bisnis sekecil apapun itu. Karena sekecil apapun peluang yang Anda punya, Anda harus bisa mengikuti bisnis dan terus mengembangkanya. Sekarang ini banyak peluang yang terbuka untuk melakukan bisnis di dunia maya, hanya saja Anda harus pandai untuk memutuskan bisnis mana yang akan Anda pilih.

Menguasai dan mengupgrade Soft Skill

Agar bisa meraih kesuksesan tentunya tidak akan semudah membalikkan telapak tangan, namun semua itu butuh yang namanya pedoman atau skill ndasar. Dengan adanya skill dasar tersebut maka Anda tidak akan kesulitan saat melakukan pengembangan atau upgrading skill.

Apabila disimpulkan maka bisnis di Era digital yang sangat berpotensi adalah penjualan barang atau jasa melalui media online ataupun inovasi bisnis baru semisal startup. Mengapa berjualan secara online menjadi salah satu bisnis terbaik di Era digital ini? Tentu saja hal itu disebabkan oleh adanya pola dari belanja masyarakat di Indonesia yang sekarang ini sudah berubah drastis karena perkembanagan gadget serta kecanggihan teknologi di Era digital ini.

Baca Juga : Cara Daftar Safelinku Beserta Cara Mendapatkan Penghasilan atau Profit Maksimal

Supaya bisa menggeluti bisnis ini pastinya tidak mudah mengingat banyaknya saingan atau competitor diluar sana. Anda perlu memiliki kemampuan dasar dalam berbisnis yang dimana nanti akan menghasilkan trik supaya dapat bersaing dengan kompetitor. Bukan hanya itu, Anda juga harus bisa menemukan produk atau jasa apapun yang sedang banyak diminati oleh masyarakat, karena hal itu sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis ke depannya.

Setelah panjang lebar membahas tentang perkembangan berbisnis di Era digital, pastinya bagi anda yang masih pemula dalam menjalankan bisnis, pastinya ada rasa kebingungan untuk memanfaatkan teknologi dalam berbisnis. Baiklah, saat ini saya akan mulai membahas mengenai bagaimana langkah awal dalam memulai bisnis sukses pada era digital ini.

Tips Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online Anda

Era modern telah mengubah kebiasaan masyarakat saat ini. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dapat dilakukan melalui media cetak dan elektronik, maka saat ini informasi secara cepat bisa tersebar dengan baik melalui media online, khususnya melalui jejaring media social atau internet. Bahkan, media sosial sudah membentuk ruang publik, yang mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya kapan saja.

Gunakan Media Sosial dengan Hati-Hati dan Bermoral

Mengapa media sosial sangat penting untuk keberlangsungan bisnis online terbaik yang Anda jalani?
Jawabannya sudah pasti karena Media sosial merupakan platform sempurna yang sangat memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan customer ataupun rekan bisnis yang Anda punya. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Namun, Apabila Anda menggunakan media sosial untuk membantu strategi pemasaran, maka Anda harus berhati-hati. Oleh sebab itu, poin-poin yang sudah saya rangkum berikut ini, Anda wajib mengetahuinya:

  1. Menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh semua calon customer potensial Anda
  2. Segera meminta maaf dan segera atasi berbagai masalah apabila terdapat customer yang mengalami masalah di situs website Anda
  3. Jika terdapat customer atau calon customer yang mengeluh, maka jangan pernah segan untuk minta maaf dan bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda lakukan. Pecahkan masalah dan dapatkan kembali kepercayaan dari customer anda.


Jangan sekali - kali mengabaikan poin-poin di atas. Apabila sekali saja Anda mengabaikan dan tidak menanggapi kritik ataupun complain dari calon customer di media sosial, maka hal tersebut akan menjadi citra yang buruk bagi bisnis online Anda.

Baca Juga : 6 Jenis Peluang Usaha Bisnis Online yang menguntungkan baik itu dengan modal dan tanpa modal

Pentingnya Media Sosial Sebagai Alat Bisnis Online Anda

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran bisnia, akan banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut ini merupakan berbagai keuntungannya bagi bisnis online terbaik yang Anda jalani:

Perluas Jaringan customer

Menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran bisnis, hal tersebut akan sangat memungkinkan Anda untuk memperluas jaringan customer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang yang melihat produk Anda yang pastinya tidak dapat terjangkau dengan media iklan lainnya. Intinya, dengan memanfaatkan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus mengembangkan dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media social tersebut.

Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Anda bisa menggunakan media sosial untuk membiarkan customer mengetahui dan terus mengikuti apa produk ataupun jasa terbaru yang Anda tawarkan. Saat Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan sangat memungkinkan untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda pada teman, keluarga, yang juga akan tertarik dengan produk yang Anda punya. Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda dalam memberikan penawaran serta pelayanan terbaik untuk meraih hati customer.

Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Dengan menggunakan media sosial, hal tersebut merupakan suatu langkah terbaik bagi pemasaran bisnis Anda. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan konten online dengan tujuan agar publik mengetahui lebih banyak mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menangani customer Anda.

Menjaga Hubungan Baik dengan Menerima Kritik dan Saran Apapun

Seperti yang sudah suda dibahas sebelumnya, bahwa media sosial akan menciptakan suatu ruang publik baru. Yang artinya, Anda harus menyiapkan diri untuk menerima saran baik atau buruk dan kritikan dari customer melalui kolom komentar. Apabila ada saran terkait dengan permintaan baru sebuah produk, maka Anda harus berusaha untuk memenuhi permintaan calon customer Anda. Ataupun jika terdapat kritikan untuk bisnis online Anda, maka jangan pernah ragu untuk memberikan tanggapan atau menawarkan solusi yang baik terhadap masalah yang muncul.

Baca Juga : 4 Cara Menghasilkan Uang dari Blog atau Website Tanpa Modal untuk pemula

Cara Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Produk Bisnis Online

Jika Anda ingin memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang perlu Anda ketahui adalah, lalu apa tujuan bisnis Anda? Apakah target yang ingin Anda capai dengan melakukan pemasaran di media sosial? Siapakah target pemasaran Anda, kemudian bagaimana mereka menggunakan media sosial? Lalu apa saja pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon customer melalui media sosial nanti? Pertanyaan-pertanyaan ini tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Jadikan hal ini sebagai rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda melalui media sosial. Intinya, strategi pemasaran melalui sosial media adalah untuk mengembangkan tujuan bisnis Anda. Contohnya seperti:
  1. Menciptakan identitas merek memiliki kesan berbeda dengan produk lain
  2. Komunikasi dan interaksi dengan calon customer dengan baik
  3. Konversi
  4. Mendapatkan traffic ke situs website Anda
  5. Kesadaran akan sebuah merek

Nah, Mungkin itu saja artikel kali ini mengenai Manfaatkan Media Sosial Dalam Berbisnis di Era Digital Saat ini. jangan lupa share ke teman-teman anda maupun media sosial anda, agar ilmu yang baru saja anda dapat bisa juga bermanfaat untuk orang lain di sekitar anda. 
Posting Komentar

Posting Komentar