VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

10 Cara Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Drop atau Bocor

Serieswans.com - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tips atau cara memperbaiki baterai Hp smartphone android yang rusak. mungkin anda pernah mengalami saat smartphone anda baru selesai charge dan anda mainkan selama 15 atau 20 menit, trus baterai anda berkurang dengan cepat misalnya dari 100% ke 60%. 

Nah itu cepet banget berkurangnya, padahal baru di mainkan selama 15 menit lebih. pasti di saat anda keluar rumah atau bepergian ke luar maka anda harus menyiapkan power bank buat jaga-jaga di jalan agar smartphone anda kehabisan baterai saat di perjalanan. 

Apa itu Baterai ?


Baterai merupakan sumber kehidupan pada sebuah smartphone, jadi tidak heran bila semua orang mengambil perhatian yang lebih pada bagian ini. Berbagai alat (seperti power bank), aplikasi penghemat baterai seperti DU Battery dan Trik untuk mengatasi baterai smartphone yang cepat habis dengan cepat atau bisa di bilang sangat boros. sebenarnya ada banyak penyebab mengapa baterai itu cepat terkuras habis dayanya.

10 Cara Mengatasi Baterai Hp Smartphone Android yang NgeDrop atau Bocor
10 Cara Mengatasi Baterai Hp  yang NgeDrop atau Bocor
Kemungkikan itu bisa terjadi karena software atau juga hardware pada smartphone anda dan memang baterainya sudah rusak alias boros. tapi tenang anda jangan khawatir, disini saya akan memberikan sebuah cara untuk mengatasi baterai smartphone yang boros. silahkan simak dan pahami dengan cermat.

Cara mengatasi Baterai Smartphone yang cepat habis atau boros 


Matikan penggunaan data jaringan menggunakan Sim-Card, lalu gunakan Wi-Fi

Pada smartphone memang banyak digunakan untuk mengakses dan berkomunikasi dengan orang lain secara online. alangkah baiknya saat anda menggnakan smartphone untuk melakukan kegiatan yang bersifat online, anda bisa menggunakan Wi-Fi dari pada menggunakan kuoata internet.

Penggunaan Wi-Fi lebih menguras sedikit daaya pada baterai di bandingkan dengan penggunaan jaringan data yang menggunakan Sim-Card. hemat baterai dan hemat kuoata juga, hehe.

Baca Juga : 3 Cara Ampuh Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh pada Hp Samartphone Android

Matikan atau Uninstal aplikasi yang banyak menguras baterai

Bagaimana cara mengetahui apa saja yang membuat baterai smartphone anda terkuras dengan cepat, anda  bisa melihatnya dengan masuk ke menu pengaturan > lalu pilih Battery. jika anda sudah paham dan tahu apa saja proses yang di lakukan sehingga baterai terkuras dengan cepat. anda bisa mengurangi proses atau aplikasi tersebut. salah satu caranya adalah dengan mematikan atau meng-uninstal aplikasi yang banyak menguras baterai dengan cepat.

Matikan Aplikasi yang berjalan di latar belakang

Jadi dengan menghentikan proses suatu aplikasi yang tidak sedang anda gunakan. biasanya aplikasi chatiing dan sosial media. bagaimana caranya ? 

Caranya anda masuk ke menu pengaturan > pilih apps atau aplikasi > pilih Running Service, lalu anda cari aplikasi yang akan di hentikan atau di uninstal aplikasnya.

Atur Brightness atau kecerahan layar Smartphone

Jangan lupa atur waktu layar hidup smartphone anda sampai tidak digunakan. diusahakan watunya yang singkat dan jangan yang terlalu lama. (sakit karena terlalu lama menunggu dia 🙄, halah baper).

Atur waktunya kira-kira paling cepat 30 detik atau 1-2 menit saja. setelah itu anda atur kecerahan layar smartphone anda agar tidak terlalu terang, tetapi cocok untuk mata anda. biar tidak cepat perih mata anda kalo kecerahanya kecil.


Hapus widget yang tidak di perlukan

Hapus atau buang widget yang jarang anda perlukan di menu homescreen smartpone anda. gunanua untuk mengurangi daya baterainya anda terkuras dengan cepat. bagaimana caranya ? , caranya tekan dan tahan pada widget, lalu arahkan ke gambar tong sampah. biasanya berada di atas dekat statusbar smartphone anda.

Atur waktu kunci otomatis

Apabila anda sering menggunakan smartphone anda dalam waktu yang lama, kalo bagitu atur waktunya yang agak panjang, misalkan 5 sampai 10 menit saja. Namun jika anda ingin menggunakan smartphone tidak terlalu lama, aturlan penguncian secara otomatis saja. biasanya akan di atur secara default ke waktu yang singkat.

Aktifkan Mode Airplane atau Mode Pesawat

Apabila di daaerah yang sedang anda kunjungi tidak ada sinyal, atau anda sedang tidak menggunakan jaringan data, Wi-Fi dan sinyal telephone. sebaiknya anda mengaktifkan airplane mode atau mode pesawat (awas jangan di lempar hanphonenya, mentang-mentang di mode pesawat, handphonenya di terbangin, haha😆). dengan cara ini penggunaan baterai menjadi sedikit dan baterai anda tidak akan cepat terkuras habis dayanya.

Matikan GPS jika tidak di perlukan

Jangan lupa matikan GPS jika sedang tidak digunakan. smartphone anda akan di lacar keberadaanya dan menggunakan akses internet yang tentu saja akan mengambil daya yang lebih atau 2x lipat dari sebelumnya. jadi gunakan GPS seperlunya saja, jangan di nyalakan secara terus menerus kalo anda ingin menghemat baterai smartphone anda.

Baca Juga : Cara Ampuh mengatasi Hp Smartphone Android yang Lupa Pola (100% Berhasil)

Matikan Pengaturan Sync

Jangan lupa juga melalukan Sync secara otomatis, untuk merefresh data yang sedang masuk ke smartphone anda. disini baterai smartphone anda akan terkuras dengan cepat ketika anda sedang menggunakan Fitur Sync ini. jadi bila sudah selesai Sync, segeralah matikan fitur tersebut dengan cara berikut. 

Caranya anda masuk ke menu pengaturan > Account and Sync, lalu atur agar Sync tidak berjalan secara otomatis.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Ini adalah cara yang saya sarankan untuk anda, yaitu kalibrasi baterai smartphone. jadi dengan cara mengkalibrasi baterai. semua data-data yang tersimpan pada "batterystats.bin" akan hilang atau terhapus. dan ini akan meningkatkan performa baterai anda. anda bisa meihat tutorial bagaimana cara kalibrasi smartphone android.

Mungkin itu saja artikel tentang 10 Cara Mengatasi Baterai Hp Smartphone Android yang NgeDrop atau Bocor. jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dan itu gratis. semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar

Posting Komentar