VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Hp Samartphone Android

Serieswans.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tips atau cara mengatasi penyimpanan penuh pada hp smartphone android anda yang sering bermasalah pada memory penyimpanannya. pasti sebagian besar pengguna hp android sering mengalami kesalahan tidak cukup ruang atau tidak cukup penyimpanan pada perangkat androi. dan biasa terjadi ketika anda gagal mendownload sebuah aplikasi di google play store, padahal penyimpanan memori internal anda masih banyak alias free.
3 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Hp Samartphone Android
Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh pada Hp Android

Kasus kesalahan penyimpanan penuh pada hp smartphone android ini biasanya terjadi ketika anda terlalu banyak menyimpan sebuah aplikasi dan bahkan banyak file cache atau sampah (file yang jarang digunakan) tetumpuk pada memori penyimpanan anda. peyimpanan penuh pada hp smartphone ini kadang membuat kita kesel dan marah, apalagi kalo kita lagi mendownload sebuah file besar, lalu memori penyimpanan itu penuh dan akhirnya file tesebut gagal terunduh.


Penyebab penyimpanan penuh pada hp smartphone android biasanya kita jarang membersihkan file sampah atau file yang tersimpan pada penyimpanan smarpthone android anda. masalah ini sering terjadi karena pada perangkat android yang memiliki kapasitas memori penyimpanan yang kecil, tak terkecuali juga pada smartphone Oppo, Samsung, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Lenovo, Xiaomi, Asus, HTC, Google Pixel dan merek hp smartphone yang lainnya.

Memori Penyimpanan Penuh biasanya pada saat Install Aplikasi atau Game


Penyebab kesalahan tidak cukup memori atau penyimpanan penuh pada hp smartphone androi anda 

Akibat terlalu banyak menginstall aplikasi, hal ini sering dilakukan oleh anda terutama anak-anak yang masih tidak tahu tentang penyimpanan android. yang mereka tau hanya bermain game pada ponsel androidnya. biasanya hanya tau mendownload game yang mereka suka dan sampai penyimpanan memori internal pada hp nya sudah penuh.

File Cache menumpuk sudah banyak dan tersimpan pada penyimpanan memori hp anda
Cache adalah sebuah file sementara yang membantu system untuk memuat file secara singkat seperti foto atau video pada gallery anda dan penggunaan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan yang lainnya.

File Cache yang rusak akan membuat banyak terjadinya error dan memakan memori lebih banyak dari sebelumnya. oleh karena itu kita harus mengenali apa penyebab terjadinya kesalahan tersebut.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh pada Hp Samartphone Android

Pindahkan aplikasi ke mrmori Eksternal atau hapus saja file yang tidak di perlukan

Cara untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal, ini adalah cara yang mudah dan simple, sehingga anda bisa praktekan. caranya yaitu :
  • Masuk ke pengaturan (Setting) 
  • Penyimpanan (Storage)
  • Arahkan pada tab umum atau general. lalu scroll ke bawah lalu pilih lokasi pemasangan yang disukai (Preffered install location).
  • Pilih kartu SD (SD Card)
  • Lalu kembali lagi ke menu pengaturan dan pilih kelola aplikasi (Manage atau aplication).
  • Lalu pilih aplikasi yang akan kamu pindahkan, misalnya aplikasi Kinemaster, lalu anda pindahkan aplikasi tesebut ke SD Card.

Hapuslah aplikasi yang tidak anda gunakan

Ini merupakan salah satu penyebab terbesar menurut saya, karena kenapa ? karena banyaknya aplikasi maupun game yang di download dan di diamkan begitu saja. jadi sebaiknya kamu hapus saja aplikasi atau game 2D atau 3D karena banyak menghabiskan ruang penyimpanan memori pada hp smartphone. berikut adalah cara untuk anda jika ingin menguninstal atau mengahapus aplikasi dan game yang ada di smartphone anda :

  • Buka pengaturan (Setting)
  • Lalu pilih kelola aplikasi (Manage Aplication), klik nama aplikasi atau game yang ingin anda hpaus.
  • Lalu pilih copot pemasangan (Uninstall).


Bersihkan Cache atau Data yang sudah tidak di gunakan 

Cara ini adalah cara yang cukup ampuh karena cache emang terkadang tanpad di sadar telah memakan banyak ruang penyimpanan memori hingga penuh.

Biasanya aplikasi yang banyak memakai cache di antaranya Google Chrome, Opera mini, facebook, twitter dan masih bnyak yang lainnya. berikut adalah cara untuk menghapus cache pada sebuah aplikasi :
  • Buka pengaturan (Setting)
  • Lalu pilih kelola aplikasi (Manage Aplikacation), pake tab diinstall (masih proses download).
  • Lalu pilih aplikasi atau game yang ingin anda hpaus cachenya. ingat cachenya bukan orangnya.
  • Selanjutnya klik hapus cache pada aplikasi ataupun gamesnya  (Clear Cache).
Mungkin itu saja artikel tentang 3 Cara Ampuh Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh pada Hp Samartphone Android dengan mudah dan simple. jika anda memilki sebuah pertanyaan, silahkan anda berkomentar dan itu gratis lhoo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda maupun untuk saya sendiri.

Posting Komentar

Posting Komentar