VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

6 Tips Mengatasi Proses com.android.phone Berhenti di Hp Android

6 Tips Mengatasi Proses com.android.phone Berhenti di Hp Android - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara mengatasi "Sayangnya Proses com.android.phone Telah Terhenti". ini adalah salah satu masalah yang mungkin sering kali di hadapi dan di raskan oleh para pengguna smartphone android tentunya. hal ini memang belum jelas apa penyebabnya. banyak sekali pernyataan yan gmuncul dari para opreker android mengenai masalah ini. 
6 Tips Mengatasi Proses com.android.phone Berhenti di Hp Android
6 Tips Mengatasi Proses com.android.phone Berhenti di Hp Android

Ada yang beranggapan jika hal tersebut terjadi karena systemnya  mengalami masalah atau corupt dan mengalami masalah overload memory yang menimbulkan munculnya com.andorid.phone telah terhenti".

Baca Juga : 4 Cara Efektif Mengatasi Sayangnya Google Playstore Telah Terhenti di Hp Smartphone Android

Selain masalah tersebut dari systemnya, terkadang juda ada beberapa aplikasi yang memang tidak berjalan semestinya dan menimbulkan eror "com.android.phone telah terhenti" pada android anda. tentu hal ini membuat anda menjadi kesal dan marah ketika smartphone nya mengalami masalah tersebut.

Masalah tersebut biasanya terjadi akibat pembaruan system atau terjadi bugs pada Stock Rom atau Costum Rom yang mungkin anda pasang dan anda gunakan pada smartphone anda. apabilajika kita perhatikan lebih detail, masalah ini bisa saja terjadi karena aplikasi atau system android anda yang mungkin bermasalah atau mengalami eror.

Disini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah "com.android.phone telah terhenti" atau "com.android.phone has stoped" yang bisa anda lakukan pada smartphone anda.

Berikut adalah Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.android.phone Telah Terhenti di HP Smartphone Android :

Hapus Cache Memori Melalui Recovery Bawaan Atau TWRP

Cara ini bisa di lakukan di semua smartphone android, karena ini adalah cara yang cukup mudah dan simple. disini saya bagi 2 cara yaitu lewat recovey bawaan dan melalui TWRP.
  • Untuk menghapus cache memory melalui recovery bawaan ini caranya cukup mudah dan ponsel anda tidak usah di root. anda harus perhatikan juga bagaiman untuk masuk ke recovery bawaan smartphone anda ? tentunya semua smartphone itu berbeda-beda dan ada yang sama. biasanya untuk masuk ke recovery bawaan yaitu Matikan smartphone anda > Tahan tombol power dan volume + / - secara bersamaan sampai muncul logo > otomatis akan masuk menu recovery bawaan anda > dan pilih wipe cache anda dalvik > lalu reboot system. (untuk menggerakan ke atas dan ke bawah pencet tombol volume dan untuk tombol vower ini untuk pilihan Ok). 
  • Untuk menghapus cache memory melalui TWRP, pertama smartphone anda harus di root dan sudah terpasang TWRP pada smartphone anda. untuk masuk ke menu TWRP ini yaitu dengan menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan. setelah masuk ke menu TWRP > pilih menu Wipe > pilih Wipe Wache dan Wipe Dalvik > kemudian Reboot

Reboot atau Restart Smartphone

Ini adalah cara yang paling mudah menurut saya, karena kita hanya melakukan Rebooot atau Restart pada smartphone android anda, ini berguna agar system android kembali bekerja dengan optimal. apabila anda setelah melakukan cara ini masih mengalami hal yang sama, coba anda matikan terlebih smartphone android anda selang beberapa menit.

Hapus Cache dan Data Telephone

Kemungkinan masalah ini terjadi karena pada aplikasi telephone atau phone di smartphone android kita. kenapa bisa begitu ? karena bisa kita lihat dari letak pesan erornya yaitu "com.android.phone telah terhenti" nah itu ada kata phone, berarti letak masalahnya pada aplikasi tersebut. j

Jika erornya "com.android.kontak telah terhenti" berarti ini masalah pada aplikasi kontaknya yang bermasalah. nah itulah penjeasan kenapa saya mengira itu kerusakan terjadi karena aplikasi telephone. untuk cara menghapus cachenya yaitu Masuk ke menu setting atau pengaturan > pilih pada aplikasi atau semua aplikasi > pilih aplikasi telephone atau phone > pilih paksa berhenti atau force stop > pilih clear data dan juga clear cache.

Matikan Pembaruan Otomatis di Google Playstore

Masalah ini terkadang akibat dari pembaruan otomatis pada playstore. kenapa bisa berpengaruh ? karena mau tidak mau ataupun anda tidak membuka google playstore pun. aplikasi tersebut akan terupdate otomatis sehingga akan memaksa system untuk berkerja secara optimal ketika meng-update aplikasi yang di install. untuk cara mematikanya sangat mudah yaitu Buka Google Playstore > pilih pada 3 garis di pojok kiri > pilih pada setelan > pilih update aplikasi secara otomatis > pilih jangan update apliaksi secara otomatis.

Hapus Cache Pada Penyimpanan Memori Smartphone anda

Memang hal ini sedikit berpengaruh pada kinerja smartphone anda, karena kenapa ? apabila cache itu semakin besar dan simpan, maka besar kemungkina juga system smartphone anda akan menjadi berat dan kinerja nya tidak maksimal seperti biasanya.

Baca Juga : Cara Mudah Install dan Setting Mikrotik OS di Virtual Box Bagi Pemula

Oleh sebab itu anda harus menghapus cache atau sampah file pada memori internal smartphne anda. ini bertujuan agar system pada smartphone anda lebih fresh dan bisa bekerja secara optimal seperti biasanya. caranya juga sangat mudah dan tidak ribet, disini saya bagi dua cara yaitu 
  • Masuk ke aplikasi file manager > lalu anda cari file yang diawali (.blablabla) atau file sampah yang tidak anda gunakan > lalu hapus file tersebut.
  • Cara keuda masuk ke menu setting atau pengaturan > pilih pada storage atau penyimpanan > tunggu sampai aplikasi tersebut memunculkan semua data penyimpanan dari setiap aplikasi > pilih cache > kemudian clear.

Hapus Cache dan Data Pada SIM Toolkit

Cara ini juga sama dengan menghapus cache dan data pada telephone, hanya saja disini kita menghapus cache dan data pada aplikasi SIM Toolkit, caranya sangat mudah yaitu Masuk ke menu setting atau pengaturan > pilih pada aplikasi atau semua aplikasi > cari dan pilih SIM Toolkit > lalu pilih paksa berhenti atau force stop > kemudian clear data dan clear cache.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai 6 Tips Mengatasi Proses com.android.phone Berhenti di Hp Android. jika anda memiliki sebuah pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di bawah. semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar

Posting Komentar