7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Daftar isi [Tampil]
7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak - Merawat baterai laptop merupakan hal yang yang paling wajib dan sangat di sarankan, karena biaya yang harus kita keluarkan jika baterai itu rusak lumayan mahal bro. jadi kita harus memperhatikan kesehatan dan merawap laptop kita baik itu pada komponen hardware seperti Motherboard, Baterai, Ram, Harddisk dan komponen hardware yang lainnya.

Berbeda dengan PC (Personal Komputer) yang bisa modif dan bisa ganti komponennya. kerusakan pada pc biasanya terlalu sering mati mendadak ( misalkan mati listrik) nah itu dapat menyebabkan komputer itu mati secara mendadak dan menyebabkan komponen hardware rusak, terutama pada motherboard. ini terjadi pada kasus PC temen saya yang bernasib seperti diatas.
7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awe

Kalo pada laptop ini komponen yang palin sering kali rusak yaitu baterainya, banyak sekali laptop yang memiliki baterai tanam dan ada yang tinggal cabut saja. lebih enak yang tinggal cabut saja. karena apabila laptop itu rusak kita tidak usah membongkarnya terlebih dahulu, kita hanya tinggal membuka pengunci baterai tersebut lalu cabut dan ganti dengan yang baru.

Berbeda dengan yang baterainya tanam, kita di haruskan membongkarnya terlebih dahulu untuk mengganti baterai yang rusak dengan yang baru. dan ini memerlukan orang yang paham tentang komputer. karena di takutkannya apabila anda tidak mengerti cara membukannya dan anda coba-coba membukanya sendiri, bisa-bisa komponen laptop anda rusak karena di paksa. lebih baik anda cari tutorial bagaimana caranya di youtube atau hubungi teman anda yang paham tentang komputer.

Mungkin anda yang belum pernah atau yang sudah pernah mengalami masalah pada baterai laptopnya. sebaiknya anda melalukan pencegahan dengan merawat baterai laptop anda dari sekarang, karena jika baterai laptop anda sudah bermasalah, ini akan sulit bagaimana membetulkannya , terkecuali anda menggantinnya dengan baterai laptop yang baru. tapi anda tidak usah khawatir bila baterai laptop anda masih sehat. karena disini saya membagikan tips atau cara merawat baterai laptop agar awet dan bertahan lama.

Baca Juga : 5 Cara Mempromosikan Video Youtube Agar Cepat Meningkat dengan cepat dan gratis

Berikut adalah Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama ?

Hindari dari charge terus menerus atau Overcharge

Sering kali kita ini suka terus menerus mencharge baterai laptop tanpa henti walaupun baterai laptop tersebut sudah full 100%, nah hal inilah yang sangat tidak di sarankan karena dapat menyebakan baterai laptop anda tidak optimal dan mengurangnya masa daya tahan baterai tersebut. sekarang sudah banyak laptop keluaran terbaru ini sudah otomatis akan memutuskan sambungan listrik apabila baterai laptopnya sudah terisi penuh 100%, jika laptop anda memiliki fitur tersebut maka hal ini tidak akan menjadi masalah.

Nah kalo yang tidak memiliki fitur tersebut bagaimana ?

Ya anda harus merawat baterai tersebut dengan mencegah overchare ketika baterai laptop anda sudah terisi penuh. anda juga harus cek kesehatan baterai tersebut setiap hari agar selalu terjaga. contohnya melalui aplikasi cek baterai ataupun sebagainnya.

Jangan mengoperasikan ketika baterai laptop anda di bawah 10%

Ketika kita mengoperasikan laptop dalam kondisi baterai sudah hampir habis, hal ini sangant tidak sarankan untuk kesehatan baterai tersebut, apalagi jika kondisi baterai sudah mau hampir habis dan anda pakai untuk bermain game berat seperti PUBG atau software lainnya, maka daya tahan baterai laptop anda dari waktu ke waktu akan makin berkurang. jadi usahakan anda segera mencharge baterai laptopnya ketika presentase baterai anda sudah 20% sampai 10%.

Gunakan Coolingpad agar laptopnya tidak terlalu panas

Ketika laptop anda mengalami overheat atau suhu tinggi sangat lah tidak baik untuk kesehatan baterai tersebut. jika laptop anda sudah terasa sangat panas suhunya, itu artinya laptop anda sedang bekerja secara maksmal dan apabila di biarkan secara terus menerus maka laptop anda akan mengalami overheat dan bahkan meledak lhoo, jadi anda harus berhati-hati dengan masalah ini. maka gunakanlah coolingpad agar suhu baterai anda tetap terjaga.

Jangan gunakan charger laptop merek lain

Apabila anda sering menggunakan chargeran laptop lain atau yang tidak sesuai standar laptop anda. maka gunakanlah chargeran laptop anda. dan hentikan penggunaan chargeran laptop merek lain karena setiap laptop memiliki karakteristik yang bebeda, apalagi dalam masalah tegangan yang ada pada chargeran laptop tersebut. jadi gunakanlah chargeran bawaan laptop anda agar baterainya tidak mudah rusak dan tetap awet.

Jangan Meletakan Laptop anda di sembarang tempat

Apakah anda sering meletakan laptop anda di kamar tidur ataupun sofa ?, mungkin jawaban anda ada yang ya dan tidak, haha. ingat bro jangan pernah anda menaruh laptop anda di tempat tersebut karena tempat tersebut minim dalam sirkulasi udara. itulah yang akan membuat laptop anda cepat panas dan baterai anda cepat habis di karenakan cooling fan (kipas angin di dalam komputer) tidak dapat berkerja secara optimal, hal ini di sebabkan minimnya sirkulasi udara dan tempatnya juga.

Baca Juga : 4 Situs Alternatif Buat Cek SEO Blog Jika Situs Chkme Mengalami Eror

Gunakanlah Software atau Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai ini sangat bermanfaat untuk memonitor status baterai laptop anda seperti mengatur suhu, waktu charge dan yang lainnya. hal ini dapat membantu anda untuk lebih mengetahui tentang kesehatan baterai laptop anda agar lebih terjaga dan terawat. untuk contoh software penghemat baterai ini seperti Setup batery core, dan masih banyak yang lainnya ( bisa anda cari di google).

Melepaskan Baterai Laptop anda

Apabila laptop anda sering bekerja secara maksmal secara terus menerus, maka baterai pun akan terkuras lebih cepat dari biasanya, oleh karena itu apabila anda sedang bermain game berat seperti PUBG dan aplikasi yang lainnya. saya sarankan untuk melepas baterai laptop anda. jadi anda hanya menggunakan chargeran saja tanpa baterai.

Perlu di perhatikan juga ketika anda tidak menggunakan baterai dan hanya menggunakan chargeran saja. jika kondisi laptop anda masih menyala, di harapkan shuting down terlebih dahulu sampai laptop tersebut sudah benar-benar mati, baru itu cabut chargeran laptopnya. dan anda jangan langsung mencabut chargeranya apabila laptop anda masih menyala, karena dapat berakibat fatal kalau keseringan begitu. bisa jadi komponen hardware anda akan cepat rusak.

Mungkin itu saja pembahasan artikel tentang 7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak. jika anda mempunyai pertanyaan silahkan berkomentar. semoga artikel ini dapat bermanfaat, Terima kasih

Show comments
Hide comments

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2019 - 2020 Serieswans - All Rights Reserved Created With