VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Inilah Perbedaan Baterai Lithium ION dan Lithium Polymer

Serieswans.com - Pernakah teman - teman sempat berpikir batterai jenis apa yang di pakai pada smartphone anda. nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai batterai jenis Li-ION dan Li-PO.jenis batterai Li-ION ini banyak di gunakan pada smartphone nokia, samsung dan smartphone versi lama. sedangkan batterai jenis Li-PO banyak di gunakan pada smartphone era sekarang, contohnya pada smartphone xiaomi.

Inilah Perbedaan Baterai Lithium ION dan Lithium Polymer (Kelebihan dan Kekurangan Li-Ion vs Li-Po)
Baterai Lithium ION dan Lithium Polymer 


Batterai Li-ION adalah singkatan dari batterai lithium-ION

Batterai Li-ION merupakan salah satu jenis batterai isi ulang yang paling populer dan paling banyak di gunakan di ponsel maupun barang elektronik portable, selain itu juga jenis batterai ini paling populer karena harga nya lebih murah di bandingkan batterai LI-PO. batterai  Li-ION menggunakan senyawa lithium yang disisipkan sebagai salah satu bahan elektroda, dengan kata lain jenis batterai ini menggunakan karakteristik kimia, akan tetapi zat kimia tersebut aman dan tidak berbahaya.

Kelemahan batterai Li-ION

Salah satu kelemahan batterai ini adalah mudah sensitif terhadap suhu yang panas, batterai ini juga dapat menimbulkan bahaya keamanan yang unik karena mengandung elekrolit yang mudah terbakar dan dapat terus bertekanan. jika sel batterai diisi terlalu cepat, bisa menyebabkan hubung singkat, menyebabkan ledakan dan kebakaran. banyak kejadian ponsel meledak karena batterai jeni Li-ION seperti yang terjadi pada smartpone Samsung Galaxy Note 7.

Apa itu batterai Li-PO

Batterai Li-PO adalah singkatan dari batterai lithium-ION Polymer, batterai jenis ini juga dikenal dengan nama lain yaitu LIP atau Li-POLY.

Batterai Li-PO merupakan jenis batterai isi ulang lithium-ION di kombinasi dengan teknologi polymer. teknologi ini tidak meggunakn cairan jenis gel yang membentuk elektrolik, batterai jenis Li-PO menyediakan energi spesifik atau daya yang lebih tinggi dari pada jenis batterai lithium-ION.

Pada umumnya batterai jenis ini paling banyak di gunakan pada smartphone dan tablet PC, dari segi umur dan daya tahan batterai jenis Li-PO ini jauh lebih baik di banding dengan batterai Li-ION karena kualitas jauh diatas tidak heran apabila harga yang di bandrol pada jenis batterai Li-PO lebih mahal di banding batterai jenis Li-ION.

Perbedaan batterai Li-ION dan Li-PO

Baik dari sisi harga batterai jenis Li-ION lebih unggul di banding Li-PO, begitu juga dari jumlah ponsel yang menggunakan Li-ION di banding Li-PO, batterai jenis Li-ION memiliki umur batterai yang lebih pendek dan penyimpanan daya lebih cepat melemah di banding batterai jenis Li-PO.

Dalam proses pengisian ulang juga batterai Li-PO lebih unggul karena memiliki daya besar, ukuran dimensi batterai kecil dan proses isi ulang pun terbilang cepat, berbeda dengan batterai jenis Li-ION yang memilki ukuran dimensi yang lebih besar, daya lebih kecil dan mudah meledak apabila di suhu yang tinggi atau terkena api.

Saya pribadi lebih baik memilih smartphone yang menggunakan jenis batterai Li-PO dibanding smartohone yang menggunakan batterai jenis Li-ION,  karena memiliki daya tahan batterai lebih lama di banding Li-ION. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terkait : 


Posting Komentar

Posting Komentar