VEzcwOIzJo2ocMRnvNfZmXylSxSqdBdXDBtRZkxw
Bookmark

Inilah Perbedaan Batterai Removable dan Non-Removable

Serieswans.com - Pernahkah teman - teman di sini berpikir batterai jenis apa yang di gunakan pada ponsel anda. Apakah bertipe removable atau non removable ? , nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas batterai removable dan non removable beserta kekurangan dan kelebihanya.
Inilah Perbedaan Batterai Removable dan Non-Removable Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Pemuatan Baterai


Apa itu Batterai Removable ?

Batterai Removable adalah jenis batterai smartphone yang bisa di lepaskan langsung.artinya mudah di lepas di bandingkan non removable yang membutuhkan alat bantu lain. arti dari kata removable itu sendiri yaitu "dilepas".

Batterai removable sudah di kenal sangat lama dan menjadi salah satu jenis batterai yang paling banyak digunakan pada ponsel murah atau ponsel kelas bawah maupun menengah sampai ponsel kelas atas, contoh batterai yang bisa dilepas atau removable bisa anda temukan pada ponsel seperti nokia symbian atau nokia jadul dan smartphone android ( samsung dan blackbery ) tapi itu tidak semuanya.

Batterai removable atau batterai yang bisa dilepaskan biasanya menggunakan batterai jenis Li-ION, tetapi batterai li-ion juga ada di gunakan pada hp batterai non removable.

Kelebihan Batterai Removable  :

  • Mudah di ganti batterainya
  • Jika ponsel tercebur ke air, bisa langsung antisipasi cabut batterai agar tidak terjadi konslet pada komponen hp.
  • Kekurangan batterai removable :
  • Terkadang konektor pada batterai lebih cepat rusak dan lemah karena sering dilepaskan maupun di pasang kembali
  • Daya tahan batterai cepat menurun
  • Umur batterai ini lebih pendek alias cepat rusak


Apa itu Batterai Non-Removable ?


Batterai non removable adalah jenis batterai yang tidak bisa di lepaskan atau di kenal juga batterai tanam. banyak yang salah mengerti jika ponsel yang batterai non removable terserbut salah besar  batterai non removable ini berarti tidak bisa langsung di lepaskan semudah batterai removable. namun batterai non removable ini tetap bisa di ganti dengan cara membuka cover atau casing belakang lalu lepas socket pin konektor batterainya ( jika anda ingin mengganti batterainya dengan yang baru).

Batterai jenis ini identik dan juga paling banyak di gunakan dengan teknologi batterai Li-PO. meski begitu ada beberapa batterai non removable yang menggunakan Li-ION.

Kelebihan Batterai Non-Removable  :

  • Dalam desain smartphonenya lebih tipis dan terlihat elegan
  • Memiliki daya tahan batterai lebih panjang atau batterai cycle
  • Lebih tahan lama di bandngkan batterai removable
  • Tidak mudah cepat panas
  • Kekurangan batterai non-removable :
  • Jika ponsel  tercelup ke air, antisipasi untuk mencabut batterai cukup lama dan tidak mudah
  • Jika ponsel hang tidak bisa di matikan jadi harus menunggu daya batterai habis

Kesimpulanya kalo batterai removable mudah di lepas, begitu juga dengan batterai non removable juga sama bisa di lepas. akan tetapi tidak mudah dalam proses penggantianya jika belum ahli dalam bidang tersebut. jadi di butuhkan teknis dalam membuka casing belakangya. jika asal sembarang buka atau di paksa, bisa jadi casing tersebut akan patah. jadi anda harus benar-benar hati-hati dalam melakukannya.

Baca Juga Artikel Terkait : 

Posting Komentar

Posting Komentar